11
Jan
12

Keseharian Binatang Peliharaan dan Domesticity

Kita sudah membahas tentang domesticity di dalam kelas Everyday Architecture. Selama kelas dibahas tentang peran pria, wanita, kehidupan keluarga modern, sampai melihat sistem domesticity yang terjadi. Yang menjadi sorot utama adalah kegiatan mikro para penghuni rumah. Sekarang, bagaimana dengan hewan peliharaan? Jangan dikira karena mereka hanya binatang maka mereka tidak ambil andil apa-apa. Pada kenyataannya, keseharian binatang peliharaan saya mempunyai dampak yang cukup besar pada keseharian keluarga saya dan sistem domesticity di keluarga saya.

Meet Yuuki, the main actor in this post.

Photobucket

Keluarga saya adalah tipe keluarga penyayang binatang. Oleh karena itu binatang peliharaan kami semuanya dibiarkan bebas berkeliaran di dalam rumah (kecuali binatang seperti hamster). Interaksi antar penghuni rumah dengan Yuuki dan Aru sangat intens. Bahkan mereka berdua sudah dianggap anggota keluarga kami. Karena itulah, keseharian mereka sangat mempengaruhi kami.

Layaknya anjing pada umumnya, Yuuki sangat suka jalan-jalan terutama jalan pagi. Pada pukul 5 pagi, dia akan menggedor pintu kamar orang tua saya untuk membangunkan mereka. Setelah bangun, ayah saya mengajaknya jalan pagi. Dia selalu membangunkan ayah saya dan memaksa ayah saya untuk jalan pagi setiap pukul 5 pagi kecuali jika hari hujan. Sebelum ada Yuuki, ayah saya tidak pernah jalan pagi. Namun setelah ada Yuuki, beliau selalu rajin jalan pagi. Hal ini member dampak positif bagi kesehatan beliau.

Jika Yuuki dan ayah saya sudah pulang, ayah saya langsung menyapu jalanan di depan rumah saya dari daun-daun kering. Di saat itu, Yuuki akan menemani ayah saya dengan duduk manis di depan pagar. Setelah itu mereka akan masuk ke rumah. Ayah saya bersiap kerja, Yuuki memakan makanan yang disiapkan ibu saya. Yuuki biasanya selalu minum susu setelah jalan pagi. Karena itulah, saat ayah saya pergi, ibu saya menyiapkan susu untuknya.

Yuuki lebih suka berada di dalam rumah. Oleh karena itu, dia memiliki spot khusus yang ia suka. Salah satunya adalah kursi di dekat ruang TV. Sebelum ada Yuuki, keluarga saya suka duduk-duduk di kursi itu. Setelah ada dia, tidak ada yang duduk di kursi itu. Kursi itu menjadi miliki Yuuki. Yuuki juga suka naik ke tempat tidur ibu saya. Jika dia tidur di tempat tidur ibu saya saat siang hari, ibu saya biasanya membiarkan dia (dan menyebabkan saya atau kakak saya atau ayah saya untuk tidur di situ). Namun jika sudah malam, ibu saya akan mengusirnya turun.

Yuuki sangat menyukai sate ati penjual bubur keliling yang datang pada pukul 8 pagi. Karena itu, jika sudah dekat pukul 8, kami selalu bersiap-siap mendengar salakannya. Jika ia menyalak, itu berarti tukang bubur sudah datang dan kami akan membeli sate ati untuknya dan bubur untuk sarapan.

Jika terkunci diluar, Yuuki akan menggedor pintu dan menyalak sampai pintu dibuka. Maka dari itulah, pintu depan rumah kami terdapat bekas cakaran kuku anjing akibat ulah Yuuki. Jika dia tidak dibiarkan masuk, dia bisa ngambek di kemudian hari dan cuek terhadap anggota keluarga (ditolak anjing sendiri itu bukan perasaan yang menyenangkan, teman-teman)

Sebenarnya masih banyak keseharian Yuuki yang mempengaruhi sistem domesticity kami, namun postingan ini akan jadi panjang. Yang ingin saya tekankan adalah binatang peliharaan juga mempengaruhi keseharian dan sistem yang berlaku di dalam rumah. Keseharian Yuuki bahkan mempengaruhi keseharian kucing saya yang sejak kecil bergaul dengannya. Meski sekarang Yuuki sudah tidak ada, kami tetap mengingat bagaimana seekor anjing dapat membuat keseharian kami menjadi lebih berwarna dan berarti.

Photobucket
In memoriam, Yuuki (2006-2011)

1 Response to “Keseharian Binatang Peliharaan dan Domesticity”


  1. 1 joejoesensei
    January 11, 2012 at 11:15 pm

    Bahasan ini cukup menarik, karena bagi saya yang bukan pencinta binatang, saya sama sekali tidak mengetahui apa dan bagaimana keseharian binatang tersebut. Ternyata binatang sangat mempengaruhi sistem dan keseharian di dalam rumah ya… Akan lebih menarik lagi jika anda menceritakan bagaimana keseharian anda saat yuuki pergi…


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 43 other followers

