02
Nov
08

everydayness,domesticity & generality

“everyday” erat kaitannya dengan domesticity karena keadaan atau situasi didalamnya terjadi karena keterkaitan dikeduanya. everydayness berubah dan berkembang mengikuti keadaan lingkungan sosial ekonomi serta teknologi yang  berdasarkan kebutuhan manusia. perubahan everyday juga mempengaruhi tindak perilaku kita sebagai mahluk hidup.

sebelumnya saya ingin menjelaskan “domesticity” ini sendiri menurut saya adalah adanya pengidentifikasiaan dan perubahan fungsional dimana perubahan ini menjadikan kehidupan manusia menjadi lebih familiar karena perubahan yang terjadi berdasarkan dari kebutuhan mahluk hidup terhadap media yang bertambah dalam everyday mereka masing-masing.karena terjadinya domesticity terdapat mark atau sign terhadap sebuah fungsi atau identitas tadi.

“everyday” juga berkembang dengan adanya kemajuan teknologi dan modernisasi yang ada. seperti misalnya ac[air conditioner], jika kita lihat pada kenyataannya di tempat-tempat seperti pertokoaan, perkantoran,institusi pendidikan ac sudah seperti menjadi object keharusan sebagai media penyejuk suatu ruangan. manusia tidak lagi bergantung kepada alam bagaimana tumbuhan yang dirancang sebagai domesticity suatu tempat memberikan manfaat seharusnya. bahkan tidak sedikit rumah-rumah yang ada sekarang ini memakai ac didalam ruangan.

alam dijadikan tempat beraktifitas, tempat mendirikan bangunan menghilangkan domesticity tersebut untuk sebuah generality, tempat umum dimana manusia melakukan kegiatan diatas ataupun didalamnnya.everyday yang berkembang sekarang ini cendrung menghilangkan estetika dan hanya mengedepankan funsional.ungkapan diatas menurut saya cocok dengan kutipan ini“The everyday is covered by a surface: that of modernity.” (Lefebvre, 1997: 37).

pertanyaannya sekarang adalah apakah generality yang ada sekarang ini memberikan efek yang baik terhadap everyday kita dengan mengilangkan domesticity yang menjadi keseimbangan dan penyempuna di keseharian makluk hidup? menurut saya tidak karena generality menurunkan tingkat usaha pencapaiaan seorang individu.sehingga perlu adanya kontrol dan filterisasi terhadap perkembangan everyday.


0 Responses to “everydayness,domesticity & generality”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: