24
Nov
08

what is aesthetic?

Sebenarnya apa itu estetika? Mengapa arsitektur seringkali dikaitkan dengan estetika,art, atau beauty? Dan bagaimana hubungan antara arsitektur and estetik itu terjadi? Pada abad ke17 sampai awal abad 20, estetika mengalami revolusi yang dikatakan sebagai modernism. Di zaman ini, para pemikir Jerman dan British menekankan beauty sebagai komponen dalam art dan the aesthetic’s experienced dan melihat bahwa tujuan penting dalam art adalah beauty. *

Menurut Baumgarten,” aesthetics is the science of the sense experiences, a younger sister of logic, and beauty is thus the most perfect kind of knowledge that sense experience can have”.*

Menurut Kant, “For Kant the aesthetic experience of beauty is a judgment of a subjective but universal truth, since all people should agree that “this rose is beautiful” if it in fact is.*

Menurut Earl of Shaftesbury,” Aesthetic was identical to the moral sense, beauty just is the sensory version of moral goodness”.*
Berdasarkan ketiga kutipan diatas, estetik sangat berkaitan dengan sense of experience of beauty yang terjadi secara subjektive. Namun ketika estetik dikaitkan dengan arsitektur,apakah estetik ini juga adalah sesuatu yang selalu berkaitan dengan beauty? Seringkali design arsitektur yang terlihat secara visual indah maka, bangunan itu akan dikaitkan dengan estetik. Dalam buku Jurnal Architecture Design dikatakan bahwa Elegance,salah satu property dari estetik, adalah sesuatu yang mempunyai motion yang terlihat lebih ringan dibandingkan sesuatu yang static. Dan contoh bangunan yang memiliki motion dikatakan adalah Dancing House di Prague, Czech Republic yang didesain oleh Frank Gehry.

dancingbuilding Dari bangunan ini terlihat, bahwa motion yang terjadi adalah secara fisik bangunan, dimana bangunan ini terlihat seperti bergerak menari. Lalu yang menjadi pertanyaan disini adalah mungkinkah apabila motion atau estetik ini bisa diwujudkan tanpa harus menunjukkan gamblang bangunan itu seperti bergerak. Karena apabila estetik dikaitkan dengan sense maka yang berperan adalah emosi apa yang akan timbul dari bangunan itu. Apa tidak mungkin sesuatu yang simple dapat dikatakan ber-motion?

Memang panca indera yang paling mempengaruhi sense adalah visual, namun apabila hanya bergantung secara visual, maka penilaian estetika yang terjadi tentunya akan selalu subjective. Apabila secara visual bagus dan terlihat futuristic maka itulah design yang indah. Dan seringkali arsitek pada akhirnya hanya memikirkan bentuk luar yang indah untuk bangunannya lalu bagian yang lain-lainnya baru mengikuti bentuk luar itu. Sebenarnya sampai sejauh mana antara estetik dan fungsi sebenarnya pada bangunan itu harus diseimbangkan? Apakah baik apabila arsitek lebih menitikberatkan unsur venustas didalam bangunannya dibandingkan firmitas dan utilitas? Apabila penilaian estetik dalam arsitektur terus-terusan terjadi hanya secara visual dan subyektive, lalu apa arsitektur itu sebenarnya. Apakah arsitektur adalah sesuatu yang selalu indah dan enak dilihat semata? Bukankah arsitektur ada dari manusia dan untuk manusia. Dan apakah keindahan pada bangunan memberikan keuntungan pada manusia yang akan menghuninya? Bukankah keindahan itu pada akhirnya hanya akan berfungsi untuk meningkatkan harga diri dari penghuni didalamnya saja? Lalu untuk apa estetik itu sebenarnya dalam arsitektur?

*http://en.wikipedia.org/wiki/Aesthetic


2 Responses to “what is aesthetic?”


  1. 1 dikaudaya
    December 1, 2008 at 12:59 am

    untuk apa estetik dalam arsitektur?menurut saya estetika dalam arsitektur pada akhirnya menjadi penting untuk ada karena kita sebagai manusia memiliki kecenderungan untuk lebih menikmati sesuatu yang memiliki nilai estetika dibandingkan sesuatu yang ‘ugly’. jadi dapat dikatakan bahwa estetika ini sebenarnya hanya masuk dalam ranah pembicaraan visual. namun demikian, estetika bukan lah satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan dalam arsitektur, karena menurut saya, yang paling penting dari arsitektur adalah bagaimana arsitektur itu berfungsi bagi manusia yang hidup didalamnya.menurut saya, suatu bentuk arsitektur yang memiliki estetika yang tinggi, tapi tidak berfungsi dengan baik bagi manusia yang menghuninya berarti dapat dikatakan bahwa arsitktur itu sama saja dengan sebuah ‘pajangan’, yang hanya indah diluar, tapi tidak dapat digunakan untuk apapun.
    jadi, untuk apa estetik dalam arsitektur?menurut saya estetika merupakan penunjang penilaian terhadap suatu arsitektur, in case kalau penilaian itu hanya dari ‘sampul’nya saja. atau juga dapat dikatakan estetika berfungsi sebagai pemuas keinginan manusia yang pada dasarnya menyukai sesuatu yang indah. namun tetap saja, tidak ada parameter pasti yang dapat menjustifikasi mana yang disebut estetis dan mana yang tidak.

  2. 2 def1
    December 14, 2008 at 11:19 am

    Arsitektur terkadang memang selalu diidentikkan dengan keindahan, memang belakangan ini seringkali arsitek lebih mengedepankan tampilan dari bangunannya karena hal inilah yang mungkin menjadi salah satu cara mereka untuk menarik manusia penghuninya.Arsitek merancang untuk manusia, mereka harus mampu memenuhi apa yang mereka butuhkan ketika mereka tinggal didalamnya, dan disini tidak dipungkiri bahwa manusia lebih menyukai sesuatu yang indah. Namun menurut saya hal itulah hanyalah sebagian dari yang mereka inginkan,sedangkan sebagian besar yang mereka butuhkna adalah bagaimana mereka dapat memenuhi segala kepentingan dalam hidupnya ketika berada didalamnya, dan ini terkait dengan fungsi dari bangunan tersebut. Jadi kesimpulannya dalam arsitektur antara fungsi dan keindahan berjalan secara beriringan,dimana disini menurut saya keindahan tersebut mengiringi fungsi bangunannya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: