26
Dec
08

Abandoned Place

Sebuah kata “abandoned” sering kali tercetus didalam everyday. Dan abandoned yang akan dibahas disini adalah berkaitan dengan adanya abandoned place yang ada di dalam ruang kota. Abandoned place ini terjadi ketika sebuah tempat sudah tidak digunakan kembali dan ditinggalkan oleh pemiliknya. Space kosong ini seperti sebuah space sisa ketika space sekelilingnya telah digunakan. Namun menariknya sebuah abandoned place yang tidak digunakan lagi, biasanya menjadi pemicu orang lain untuk menggunakannya dengan fungsi yang lain. Ketika ia sudah berperan menjadi abandoned maka bisa dikatakan bahwa fungsinya yang pertama telah gagal, dan ketika tempat itu digunakan orang lain untuk fungsi yang lain maka mungkin akan lebih berguna.
Salah satu alasan timbulnya ada abandoned place yaitu ketika ada sebuah tempat yang tidak sesuai konteks dengan lingkungan sekitarnya. Contohnya yaitu yang terjadi pada site PA3 saya yaitu di Tebet,

site Jalan merah vertical merupakan jalan sawo kecik raya, dimana di sepanjang jalan ini terdapat  banyak commercial place. Kondisi jalan ini sangatlah padat karena selain banyaknya commercial  place, angkutan umum seperti bajai, ojek, angkot dan taksi melewati jalan ini. Dan ketika ada rumah  penduduk di sepanjang jalan ini maka rumah itu akan berlantai dua, dimana lantai satu untuk  berjualan dan lantai dua untuk tinggal. Atau ketika rumah itu tidak mempunyai usaha toko, maka ia  akan membuat pagar yang tinggi di depan rumahnya. Hal yang terjadi pada rumah penduduk di  sepanjang jalan ini menurut saya karena mereka ingin menghindari suasana crowded yang ada di depan rumah mereka. Sehingga sebisa mungkin mereka membuat tempat tinggal mereka nyaman dengan menyesuaikan rumah mereka dengan konteks ramai di sekelilingnya.

dsc04384rumahtoko

rumah-gede

Namun ketika ada rumah penduduk yang hanya berlantai satu dan tidak memiliki pagar, maka rumah ini akan berhadapan langsung keramaian jalan yang ada di depannya. Dan rumah penduduk ini menjadi tidak sesuai dengan konteks sekelilingnya, karena dengan konteks yang ramai, rumah itu seperti tidak mempunyai pelindung dari keramaian itu. Sehingga kemungkinan besar yang terjadi yaitu penghuni dari rumah itu tidak merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya karena suasana rumah yang terlalu dekat dengan keramaian di depannya. Sehingga rumah-rumah bertipe seperti inilah yang kemudian menjadi abandoned place di jalan ini.

bajaidsc04390 Dan ketika rumah-rumah penduduk ini menjadi abandoned place maka  bisa dikatakan rumah ini telah gagal mempunyai fungsi sebagai tempat  tinggal. Lalu ketika berubah menjadi abandoned place, maka orang lain  menggunakan space sisa yang tak terpakai itu untuk  sesuatu yang sesuai  konteks sekelilingnya. Dimana di jalan ini, abandoned place itu berubah  menjadi  tempat untuk orang berjualan atau memarkirkan bajainya.

Dan ketika berubah mempunyai fungsi seperti ini, maka abandoned place itu menjadi sesuai konteks lagi dimana sebagian besar bangunan sepanjang jalan itu adalah commercial place. Dan commercial place itu kebanyakan yang ada di jalan ini adalah bengkel, warung makanan, atau toko bangunan. Sehingga abandoned place yang ada berubah menjadi tempat untuk gerobak-gerobak penjual makanan yang buka mulai siang hari. Sedangkan abandoned place yang digunakan untuk parkir bajai-bajai itu berubah menjadi tempat bengkel bajai, karena tempatnya yang tepat bersebelahan dengan bengkel motor, dan orang-orang dari bengkel motor itu ternyata juga juga bisa untuk memberikan service pada bajai-bajai,maka orang-orang bengkel motor itu menggunakan space kosong di sebelah bengkelnya untuk memarkirkan bajai-bajai yang datang ke bengkelnya.
Ketika abandoned place itu telah berubah menjadi sesuai dengan konteks sekelilingnya maka tempat itu telah mempunyai fungsi kembali dengan cover yang berbeda. Sehingga sebuah tempat yang sebelumnya empty (yang juga tidak sesuai dengan sekelilingnya yaitu kondisi yang ramai), maka menjadi hidup kembali dengan fungsi yang berbeda dan sesuai dengan konteks sekelilingnya.


1 Response to “Abandoned Place”


  1. 1 ani
    October 12, 2009 at 7:53 pm

    mas ada yang lebih bagus lagi ga


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: