31
Dec
08

ECU

ECU (Education Care Unit) merupakan sebuah program yang baik ditujukan kepada anak-anak sekolah dasar. Menurut saya, program ini membantu anak-anak untuk memahami kondisi lingkungan tempat anak itu bertumbuh. Program ini juga memberikan variasi bentuk belajar bagi anak-anak sekolah dasar. Anak-anak tidak terpaku dengan pengetahuan yang mereka baca di buku dan yang diketahui dari guru tetapi mereka aktif berdiskusi dan mengingat apa yang ada disekitar rumah mereka. Mereka secara tidak langsung membagi ilmu yang mereka ketahui tentang lingkungan sekitar dengan teman-teman mereka.

Program ECU membuat anak-anak belajar dengan perasaan santai dan fun. Program ini mendidik anak-anak untuk memahami dan mendalami hal-hal yang ada di dalam lingkungan sekitar mereka. Program ECU juga membuat networking baru antara institusi pendidikan, yaitu: network antara pihak universitas dengan pihak sekolah. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini bisa menerapkan secara langsung ilmu yang dipelajari dan bisa mengembangkan skil baru, seperti: cara berkomunikasi dengan anak kecil yang memerlukan banyak kesabaran.

Pada ECU yang kemarin saya ikuti bertema bagaimana mendesain rumah impian yang sesuai dengan kriteria rumah sehat. Dengan tema ini, anak-anak akan terpicu daya pikir dan kreativitasnya dalam mendesain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mereka mulai mendalami beberapa syarat terbentuknya rumah sehat. Mereka tidak hanya menyebutkan tetapi mereka mengerti akan cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah sehat.

Disini saya berperan sebagai fasilitator yang menjelaskan kriteria rumah sehat berdasarkan acuan yang telah diberikan. Tugas saya adalah mengarahkan anak-anak untuk mengerti syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membentuk rumah sehat dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Fasilitator bukan bertugas untuk memberikan jawaban mengenai syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membentuk rumah sehat tetapi fasilitator berperan untuk memicu anak-anak menganalisa apa yang dibutuhkan untuk membuat rumah sehat. Disini, saya dan rekan saya memakai metode tanya jawab, misalnya : ketika ingin menjelaskan mengenai salah satu kriteria rumah sehat: pencahayaan yang baik, maka saya dan rekan saya menanyakan hal itu kepada siswa SD. Pertanyaan meliputi: Rumah akan mendapat sinar dari mana? Melalui apa cahaya matahari dapat masuk ke dalm rumah? Mengapa jendela harus dibuka pada pagi hari? dsb.

Pada saat ECU di SD 13 Srengseng Sawah, saya melihat bahwa siswa SD tersebut belum memahami kriteria rumah sehat. Mereka terlihat ragu-ragu dan kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh fasilitator. Tetapi setelah melalui beberapa proses pengarahan, mereka sedikit demi sedikit mulai menjawab dengan baik.

Pada saat proses pengarahan dan penjelasan mengenai kriteria rumah sehat, siswa SD terlihat kurang konsentrasi dan kurang fokus. Hal ini disebabkan anak-anak kecil kurang tertarik untuk mendengarkan penjelasan secara verbal. Mereka akan cepat bosan jika mendengar penjelasan secara verbal.Saya mengusulkan agar pada program ECU selanjutnya, fasilitator diberikan media visual berupa gambar/foto dengan warna-warna yang menarik.Hal ini membantu agar siswa SD lebih konsentrasi dan fokus untuk melihat gambar dan mendengarkan penjelasan dari fasilitator.

Masyarakat awam secara tidak langsung mengetahui mengenai peran arsitek dalam pekerjaannya. Selama ini, masyarakat awam hanya mengetahui bahwa arsitek bertugas untuk mendesain bangunan, taman dan rumah tinggal. Dengan program ECU maka masyarakat awam mengetahui bahwa arsitek berperan sebagai penggerak dan motivator. Arsitek tidak hanya memajukan lingkungan secara fisik tetapi arsitek juga memajukan lingkungan secara non fisik yaitu dengan memajukan pola pikir masyarakat.


0 Responses to “ECU”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: