31
Dec
08

Sebuah Usaha Membangun Pemikiran

Education Care Unit (ECU) bergerak di bidang edukasi tentang lingkungan dan kreatifitas. Berbagai workshop ditujukan pada anak-anak SD. Edukasi yang diberikan bukan dalam bentuk ‘menyuapi’ namun lebih memfasilitasi dan mengeluarkan sisi kreatif, kritis, dan kepekaan anak-anak terhadap lingkungan. Workshop ‘Rumah Sehat’ yang saya ikuti memberikan banyak hal kepada saya. Awalnya saya berpikir ini sebatas memberikan pelajaran bagi anak-anak dengan cara yang menarik. Namun saya justru mendapat hal lain dari sekedar ‘memberi’ pelajaran.

Sangat menyenangkan berkegiatan bersama anak-anak yang sangat spontan dan memiliki imajinasi yang bervariasi. Menurut saya kegiatan seperti ini sangat baik bagi arsitek sendiri. Selama ini arsitek hanya berperan membangun lalu membiarkan publik mengisinya, suka tidak suka. Namun dengan melibatkan masyarakat, atau paling tidak mengetahui apa yang dirasakan masyarakat, arsitektur itu sendiri akan bermakna lebih dalam. Contohnya dengan kegiatan workshop ini, walaupun sasarannya anak-anak SD, namun ternyata banyak hal yang bisa didapat. Saya sangat ingat percakapan saya dengan salah seorang anak saat workshop.

Saya : “Biasanya kalau buang sampah dimana?”
Anak : “Buang sampahnya di UI kak!!”

Dari perkataan anak tersebut, saya tidak hanya melihat ketidakpedulian masyarakat terhadap sampah. Namun mungkin ada sedikit celah dalam proses design UI itu sendiri. Dengan banyaknya ‘ruang sisa’ pada UI, dan ketika ruang itu bersinggungan dengan masyarakat, mereka dengan mudahnya menggunakan ruang itu sebagai ‘tempat sampah’. Apakah dalam proses design UI masyarakat dilibatkan? Sehingga mereka tahu betul dan mengenal mana ruang yang boleh ‘dibajak’, mana yang tidak. Dalam proses design, terutama sebuah institusi yang mau tidak mau bersinggungan erat dengan masyarakat, seharusnya keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan. Keterlibatan disini paling tidak dapat memberikan gambaran kepada arsitek tentang bagaimana cara hidup masyarakat disekitarnya. Sehingga nantinya tidak akan ada persinggungan yang merugikan beberapa pihak.

Hal lain yang saya pelajari dari workshop ini adalah masalah anak-anak sebagai generasi penerus. Merekalah yang akan membangun negara ini nantinya. Menurut saya dengan adanya workshop seperti ini, akan sangat baik untuk membuild pemikiran anak-anak untuk mengarah ke sesuatu yang lebih baik. Kalau dianalogikan dengan proses membangun sebuah bangunan, menurut saya kegiatan seperti ini seperti tahap pembuatan fondasi. Pada tahap inilah kita membangun dan mengarahkan pemikiran anak-anak. Karena tahap SD adalah tahap awal dimana anak-anak mulai menerima ilmu dasar yang penting. Pikiran mereka belum diracuni dan mereka juga sangat peka terhadap lingkungan sekitar mereka. Sangat penting bagi kita untuk memberikan banyak pengetahuan mendasar pada tahap ini. Disini peran arsitek tidak hanya sekedar membangun beton dan baja saja, namun juga membangun sebuah pemikiran yang nantinya akan sangat berguna bagi kemajuan arsitektur itu sendiri.

Satu hal lagi yang menurut saya sangat penting. Selama saya belajar di bidang arsitektur, hal paling mendasar yang saya dapat adalah bahwa sesuatu itu harus dilihat dari prosesnya, bukan hanya sekedar hasil. Dan hal tersebut ternyata tidak diajarkan sejak dini kepada anak-anak SD. Bahkan seorang guru menanyakan masalah ‘nilai’ setelah workshop. Saya langsung bepikir, kenapa semua hal dikaitkan dengan nilai akhir. Toh yang penting adalah apa yang dipelajari anak-anak itu, bukan nilainya. Maka menurut saya dengan cara workshop seperti ini dapat memberikan pengertian yang mendasar kepada anak-anak tentang pentingnya sebuah proses. Karena saya rasa hal tersebut tidak mereka dapat dari sekolah mereka.


0 Responses to “Sebuah Usaha Membangun Pemikiran”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

