26
Oct
09

toilet duduk atau toilet jongkok?

Sebenarnya saya sudah memperhatikan mengenai hal ini sejak beberapa waktu yang lalu ketika saya dan adik saya pergi ke sebuah pusat perbelanjaan. Ketika kami pergi ke toiletnya, adik pergi mencari toilet jongkok. Awalnya saya tidak begitu memperdulikan hal itu. Tetapi setiap kali pergi ke toilet umum, selalu toilet jongkok yang dicarinya, meskipun tidak menjadi suatu keharusan. Demikian juga dengan ibu saya, lebih menyukai toilet jongkok apabila berada di tempat umum. Akhirnya, saya jadi bertanya – tanya dan akhirnya menanyakan langsung kepada mereka karena toilet di rumah sejak dulu adalah toilet duduk, jadi tidak mungkin hal itu dikarenakan ketidakbisaan mereka menggunakan toilet duduk. Jawaban mereka adalah karena di tempat umum banyak orang yang memakai toilet sedangkan kita tidak tahu kebersihan mereka. Apabila menggunakan toilet duduk, rasanya lebih tidak nyaman karena bersentuhan langsung. Selain itu, di beberapa toilet umum yang menggunakan toilet duduk seringkali ditemukan jejak sepatu, yang berarti meskipun itu adalah toilet duduk, ada saja yang masih memperlakukannya sebagai toilet jongkok dengan motivasi yang berbeda – beda. Setelah ditelusuri, ternyata beberapa hal yang saya temukan bisa menjadi penyebab hal itu terjadi adalah karena tidak terbiasa menggunakan toilet duduk; tidak mau bersentuhan langsung dengan dudukan toilet sehingga terpaksa jongkok di atasnya; berpikiran bahwa orang – orang lain juga menggunakan toilet duduk dengan cara jongkok di atasnya, apalagi bila melihat ada jejak sepatu diatasnya. Kalau dihubungkan dengan everyday and architecture, saya melihat dari segi bagaimana setiap orang memberikan perlakuan berbeda – beda terhadap obyek yang ditemuinya itu, dalam hal ini adalah toilet. Namun seringkali di mall mall besar apalagi di hotel – hotel tidak ditemui lagi toilet jongkok. Selain itu, toiletnya terjaga bersih dan rapih serta hampir tidak pernah ditemui hal semacam itu di toilet duduknya. Apakah karena orang – orang yang datang ke sana dari kalangan tertentu? atau karena memang cleaning service nya yang selalu siap siaga untuk membersihkan toilet sehingga selalu dalam keadaan bersih?


2 Responses to “toilet duduk atau toilet jongkok?”


  1. 1 iishrynt
    October 26, 2009 at 3:25 pm

    persepsi penggunaan toilet jongkok dan toilet duduk bisa sama dan bisa berbeda pula. menurut saya, sebelum mendesain perlu dipikirkan toilet mana yang lebih cocok dalam suatu gedung tertentu. Dari beberapa sumber yang saya telusuri bahwa perialaku orang yang menggunakan toilet duduk dengan cara jongkok adalah karena faktor bentuk badan; seperti kegemukkan. Orang-orang yang gemuk terkadang tidak bisa menggunakan toilet duduk karena ukurannya yang kecil dan tidak sesuai dengan posisi ketika ingin buang air. jadi, mereka lebih suka menggunakan toilet jongkok atau jongkok di toilet duduk. Mungkin untuk para arsitek, perlu memikirkan hal ini. Toilet umum merupakan toilet bersama yang seharusnya semua kalangan bisa menggunakannya senyaman dan sebaik mungkin. Iis haryanti

  2. January 5, 2010 at 11:24 pm

    Mengenai penggunaan toilet ini, saya termasuk yang lebih memilih mencari toilet jongkok jika menggunakan toilet umum. pertimbangan saya adalah faktor kebersihannya. Bahkan jika ke toilet yang semuanya adalah toilet duduk yang kelihatan bersih, saya tetap was – was. Menurut saya memang penting sekali membuat toilet umum yang sesuai dengan pengguna. jika contohnya toilet umum di Mall, mungkin dapat dipertimbangkan juga mall tersebut akan di kunjugi oleh kalangan mana. hal ini juga terkait dengan perhatian dan kemampuan dari pihak pengelola untuk memelihara toilet tersebut.


Leave a Reply

