22
Dec
09

isu everyday di daerah pesisir

Ketika kami mengunjungi Pulau Kelapa Dua di Kepulauan Seribu, kami singgah terlebih dahulu di Pulau Kelapa. Dari Pulau Kelapa kami memutuskan untuk naik ojek kapal ke Pulau Kelapa Dua. Untuk memperoleh ojek, kami harus berjalan terlebih dahulu melewati pemukiman penduduk. Saat saya melewati pemukiman penduduk, saya tidak merasa bahwa saya sedang berada di daerah pesisir namun terasa seperti berada di gang rumah saya. Jalan kecil sekitar 2 meter dengan diapit oleh rumah-rumah penduduk yang umumnya terbuat dari bata. Saya tidak dapat melihat laut maupun dermaga dari jalan yang saya lewati.

Ketika didiskusikan mengenai hal ini ternyata sang arsitek yang mendesign pemukiman di Pulau Kelapa, mendesignnya secara kota bukan secara pesisir. Umumnya layout pemukiman di pesisir mengitari sisi luar pulau dikarenakan mata pencaharian pada umumnya adalah nelayan. Sedangkan design di Pulau Kelapa adalah linear yakni jalan yang diapit oleh rumah-rumah penduduk.

Sangat disayangkan sekali bahwa salah satu pulau yang merupakan kekayaan bangsa menjadi kehilangan cirinya dikarenakan sang perancang yang kurang memahami konteks atau tapak yang diolahnya.

boris


1 Response to “isu everyday di daerah pesisir”


  1. December 24, 2009 at 7:17 pm

    apakah anda yakin bahwa keputusan sang arsitek untuk mendesainnya secara kota adalah keputusan yang salah..??
    berdasarkan apa anda menyatakan bahwa jika sang arsiteknya mendesain dengan konsep pesisir iyu adalah keputusan yang terbaik..??
    apakah anda sudah melihat dan mencari tau siapa saja orang – orang yang bertinggal di pulau tersebut..??
    jangan – jangan sang arsitek memang sudah mengetahui bagaimana para penduduk di sana hidup. mungkin saja saat ini mayoritas penduduk di pulau itu adalah para pendatang ( transmgran ) yang notabened-nya kehidupan mereka di daerah asalnya adalah kehidupan dengan situasi perkotaan….???


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: