03
Jan
10

Reproduksi tempat oleh masyarakat

Pada saat mengamati rt17,Pulogebang dalam rangka projek community development ,kami berkesempatan mengikuti arisan ibu-ibu. Rt17, merupakan pemukiman padat penduduk, rumah-rumah berjejer rapat, dengan jalan diantara rumah begitu kecil. Ternyata hal tersebut dilihat sebagai sebuah potensi dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Rumah-rumah rata-rata berukuran kecil, membuatnya tak cukup menampung ibu-ibu satu rt. Maka jalan di depan rumah, dan teras-teras tetangga di sekitarnya dipakai sebagai tempat arisan.
Sebuah re-produksi yang dilakukan masyarakat. Pada keadaan biasa, jalan memiliki fungsi sebagai akses, dan tempat bersirkulasi, namun kini ia tereproduksi menjadi ruang komunal. Arsitek,developer, bisa membangun dengan sebuah tujuan akan fungsi. Namun, masyarakat sebagai manusia yang aktif bergerak dan berpikir bisa memiliki berbagai respon akan suatu tempat. Mereka mampu memberi makna baru dalam penggunaan suatu tempat. Kemudian, apakah makna baru itu menjadi sebuah kesalahan, karena terkadang melanggar kaidah kewajaran.?Semua kembali kepada pemikiran masing-masing.


1 Response to “Reproduksi tempat oleh masyarakat”


  1. October 26, 2010 at 5:14 pm

    Penggunaan jalan sebagai tempat untuk arisan memang kurang tepat karena mengganggu aktivitas di jalanan tersebut. Namun,sebaliknya, selama pemanfaatan tersebut tidak mengganggu kegiatan yang sudah ada atau merusak lingkungan tersebut, justru kemampuan masyarakat tersebut dalam memanfaatkan space perlu untuk dimaksimalkan. Hal ini untuk menanggapi adanya kebutuhan akan ruang yang sudah semakin sempit.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: