26
Oct
10

antara ruang dan tingkat akselerasi manusia

Bila diperhatikan, manusia memiliki tingkat akselerasi dalam berkegiatan sehari-hari.  Hal tersebut berkaitan dengan jarak, waktu, dan usaha yang dikeluarkan.  Semakin singkat jarak tempuh, semakin sedikit waktu yang diperlukan, serta seminimal mungkin mengeluarkan energi menjadi pedoman bagi sebagian besar warga untuk mempercepat tingkat akselerasinya. Pada mata kuliah perancangan arsitektur 3,  saya berkesempatan mengamati fenomena tingkat akselerasi yang terjadi di stasiun gambir. pada jam-jam tertentu stasiun ini seperti “kebanjiran” manusia.  Pada pagi hari misalnya, stasiun ini dipenuhi para pengguna jasa kereta yang datang dari jabodetabek. Umumnya mereka adalah pekerja kantor yang bekerja di daerah gambir dan sekitarnya. Dari 8 gerbong kereta, sekitar seratusan orang turun di stasiun ini. Seperti arus air, mereka langsung menuju lantai dasar dan bergerak keluar stasiun. Yang mencengangkan, banyak dari mereka yang tidak keluar dari pintu gerbang yang terletak di kanan dan kiri stasiun. lalu dari mana? memanjat pagar? tidak, itu terlalu tinggi dan mengeluarkan energi yang banyak. lantas?
Menerobos jeruji pagar.
yap!hanya perlu jalan beberapa langkah dari pintu kedatangan dan keluar lewat jeruji gerbang..efektif dan efisien..
jeruji1
jeruji2
begitu cepatnya pergerakan manusia..tidak ada yang bisa mengahalangi mereka dari meminimalkan jarak, waktu, dan usaha yang diperlukan, sampai jeruji pagar pun diterobos.
hal ini terus berlanjut ketika mereka akan menyeberang jalan. kendaraan mengalah demi mereka walau mereka tidak menyeberang di tempat-tempat yang sudah disediakan. 2 jembatan penyeberangan yang berjarak 180 meter?sungguh melelahkan..buang waktu untuk naik turun..terlalu jauh..bisa terlambat kerja..bisa ketinggalan kereta (ketika jam pulang tiba)
apakah ini faktor malas?(meminimalkan jarak, waktu, dan usaha bahasa halusnya)
atau ruang yang ada tidak mampu menyamai akselerasi mereka?(jarak, waktu, dan usaha memang alasan yang patut diperhitungkan dalam mendesain ruang gerak manusia)


0 Responses to “antara ruang dan tingkat akselerasi manusia”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: