27
Oct
10

Keseharian Arsitektur dalam Toilet Wanita

Tentu saja istilah “cat fight” sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cat fight merupakan istilah yang digunakan untuk mengilustrasikan pertengkaran antara dua orang wanita baik sekedar pertengkaran mulut ataupun mulai menjurus ke arah fisik. Walaupun beberapa wanita mampu menahan diri dan mempunyai kesabaran tinggi, namun lebih banyak wanita yang emosinya mudah tersulut oleh hal yang sangat sepele. Pada kesempatan ini, saya akan membahas term cat fight yang sering terjadi di dalam toilet wanita di tempat publik yang sedang ramai serta kaitannya dengan keseharian dan arsitektur.

Bila anda seorang wanita dan pernah menggunakan fasilitas toilet umum di pusat perbelanjaan, mungkin anda pernah menyaksikan secara langsung perdebatan antara dua wanita mengenai siapa yang seharusnya masuk ke bilik toilet terlebih dahulu serta bagaimana pola mengantri yang paling tepat. Pola mengantri dalam sebuah toilet wanita dapat dianalisis melalui bentuk arsitektural dari toilet tersebut. Apabila bilik-bilik toilet hanya berada pada satu sisi dengan space mengantri yang cukup luas di depan pintu bilik, umumnya para pengguna toilet tidak akan segan untuk saling menyerobot dan berdiri di depan pintu bilik dengan jumlah pengantri yang paling sedikit. Sedangkan apabila bilik berjajar di kedua sisi ruangan dengan space mengantri yang sempit, umumnya pengguna toilet akan mengantri membentuk satu garis di ujung bilik terluar dan pengantri terdepan dapat masuk ke bilik manapun yang terlebih dahulu kosong. Yang seringkali menimbulkan pertengkaran adalah adanya pengguna toilet yang dengan santainya berjalan menyalip antrian pada jenis toilet nomor dua dan mengantri di depan bilik layaknya pola antrian nomor satu.

Pola mengantri seperti ini tidak pernah diberlakukan secara tertulis, melainkan merupakan perilaku keseharian yang timbul berdasarkan adaptasi terhadap bentuk arsitektural dan berkembang dengan sendirinya. Melalui tulisan ini saya ingin menyampaikan bahwa perilaku manusia dalam kesehariannya sangat dipengaruhi oleh arsitektur sekecil apapun pola perilaku tersebut, dan sedikit saja kesalahan dalam mengadaptasi pola yang sudah ada dapat menimbulkan intervensi bagi pelaku keseharian yang lainnya.


0 Responses to “Keseharian Arsitektur dalam Toilet Wanita”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: