27
Oct
10

mulai mengerti fungsi arsitektur

beberapa saat yang lalu saya mengunjungi suatu tempat di daerah sunda kelapa, dan tiba waktu zuhur, akhirnya saya dan teman-teman saya memutuskan untuk melaksanakan kewajiban solat zuhur dulu. kami menemukan sebuah masjid. awalnya saya tidak merasakan ada kejanggalan namun ketika ingin buang air kecil saya bingung mengapa di depan toilet wanita ada bilik-bilik, dan ternyata ini adalah tempat pria membung air kecil. bisa dibayangkan bagaimana sirkulasi orang di spot ini, saat ada wanita yang akan menuju ke toilet maka dia akan mengarah ke bagian bilik-bilik tersebut. dan terasa suatu ketidaknyamanan. disini dapat dilihat kasus bahwa arsitektur bukan hanya mengenai sebuah keindahan dan estetika namun masalah kenyamanan serta rasa saat kita menggunakan atau mengadakan suatu interaksi dengan bangunan. hal ini sering kita temui dalam keseharian arsitektur dimana suatu bangunan kadang perletakan ruang-ruangnya mempersulit penggunanya sendiri, maka disinilah dipahami fungsi keberadaan arsiektur.


0 Responses to “mulai mengerti fungsi arsitektur”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

