27
Oct
10

PELEBARAN JALAN: SOLUSI YANG MENIMBULKAN PERMASALAHAN BARU

Baru-baru ini jalan utama Margonda Raya Depok diperluas. Kondisi terdahulu dengan 2 jalur masing-masing arah kini menjadi 3 jalur. Tujuan walikota pasti saja untuk menanggulangi kemacetan kota Depok. Akan tetapi, apakah tujuan ini berhasil atau justru mendatangkan permalahan lainnya?

Sebagai pengguna jalan Margonda setiap harinya, saya merasa bahwa solusi untuk menanggulangi kemacetan yang ada dengan memperlebar jalan bukanlah jawaban yang tepat. Jalur paling baru (paling pinggir) justru sekarang digunakan untuk parkir mobil. Hal ini dikarenakan parkiran mobil yang dimiliki bangunan-bangunan komersil sepanjang Margonda seperti ruko-ruko terpotong akibat lebaran jalan. Kemacetan pun terjadi saat mobil hendak parkir dan keluar parkiran.

Permasalahan lain yang muncul adalah tidak adanya trotoar sepanjang jalan. Dengan demikian kesempatan para pejalan kaki untuk menyusuri sepanjang jalan Margonda pun terhapuskan. Begitu pula dengan orang-orang yang menggunakan kendaraan umum, mereka tidak memiliki lagi area untuk menunggu angkutan umum. Hal ini justru membahayakan para pengguna jalan karena kemungkinan mereka terserempet mobil menjadi besar.

Kemudian permasalahan lainya adalah saluran air yang tidak baik sepanjang jalan. Pembangunan jalan tersebut tidak diiringi dengan perbaikan saluran air yang ada sehingga saat hujan, terjadi banjir sepanjang jalan dan menjadi semakin parah dari kondisi sebelumnya. Banjir yang terjadi kini menutupi jalan hingga separatr jalan tidak terlihat lagi, bahkan untuk mobil minibus kira-kira setinggi ban mobil minibus. Hal ini menimbulkan kemacetan karena banyak mobil yang akhirnya memilih menepi dan ada juga yang mogok.

Jadi, melihat permasalahan-permasalahan yan ditimbulkan akibat pelebaran ini membuat saya khawatir dengan kondisi jalan Margonda selanjutnya. Akankah dia mampu memenuhi kebutuhan para pengguna jalan baik pejalan kaki, pengguna angkutan umum serta kendaran yang melaluinya? Apalagi mengingat fungsinya sebagai jalan utama di kota Depok.


0 Responses to “PELEBARAN JALAN: SOLUSI YANG MENIMBULKAN PERMASALAHAN BARU”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: