31
Oct
10

pemimpin bukanlah tumbal

Beberapa minggu yang lalu, saya berkesempatan untuk kembali mendatangi site kelompok saya untuk kedua kalinya, yakni di jatinegara kaum, untuk mengadakan partisipasi mengenai projek ini dengan warga sekitar.  Kebetulan saat itu saya dan dua orang teman saya mendapat bagian untuk bertanya terhadap kaum bapak mengenai tempat berkumpul macam apa yang mereka inginkan.  Beberapa bapak-bapak cukup supportif, mereka dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami lontarkan, beberapa juga sempat bercerita mengenai keadaan di pemukiman tersebut, yang dapat membantu tugas kami.  Namun, ada beberapa yang ternyata kurang supportif.  Ketika kami mendatangi sebuah tempat cukur dimana saat itu sedang sepi pelanggan,bapak-bapak yang tadinya sedang duduk-duduk santai malah segera pergi begitu melihat kami.  Ada pula seorang bapak yang menjawab, “Jangan tanya saya, saya tidak tahu apa-apa, tanya saja sama Pak RW, itu urusannya dia”.  Mendengar kalimat itu saya mulai berpikir, berapa banyak penduduk daerah itu yang berpikir seperti bapak-bapak ini? Padahal ruang berkumpul itu akan dibangun untuk penduduk, bukan untuk Pak RW seorang.  Pak RW bukanlah seorang yang mengetahui segalanya tentang seluruh warga, ia hanya bertugas memimpin dan mewakili warga sekitar.  Keputusan mutlak tidalah dipegang seorang pemimpin, namun dari suara rakyat.  Yang saya khawatirkan adalah, ketika projek tersebut dibangun dan beberapa warga protes terhadap pembangunan tersebut, mereka akan menyalahkan si pemimpin, yang dalam hal ini adalah Pak RW, padahal dalam prosesnya mereka tidak mau memberikan pendapat mereka.   Seorang pemimpin bukanlah tuhan yang tahu segalanya, bebas dari kesalahan.  Kita sebagai warga harus bersikap supportif terhadapnya.  Partisipasi warga disini sangatlah penting, karena yang terpenting bukanlah apa yang secara fisik nantinya dibangun, namun apa pengaruhnya terhadap warga sekitar.


0 Responses to “pemimpin bukanlah tumbal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

