23
Dec
10

perancang atau hanya mediator??

arsitek biasanya dikenal sebagai seseorang yang merancang, tapi jika diperhatikan seorang arsitek saat merancang sesuatu ambil saja contohnya rumah tinggal seorang kliennya. ada beberapa kasus saat klien mencurahkan keinginan desain, ingin ada bukaan disini, ada taman disini, materialnya ini, besaran kamarnya sekian, hingga jika disatukan dan disimpulkan si klien ini sudah bisa merancang rumahnya secara keseluruhan dari ide dan keinginan yang dilontarkan olehnya sendiri. dan jika kondisinya seperti ini tugas seorang arsitek hanya mentransfer curahan si klien kedalam bentuk 2 dimensi agar dapat dikomunikasikan kepada pihak pembangun. apa dalam kasus ini arsitek tetap menjadi seorang perancang?? atau hanya mediator dari klien ke pihak pembangun?


6 Responses to “perancang atau hanya mediator??”


  1. December 24, 2010 at 9:58 pm

    ada saatnya arsitek menjadi mediator disaat memenuhi kebutuhan dan keinginan klien, tapi arsitek juga harus memberikan banyak masukan dan saran serta persepsi yang lebih menguntungkan atas ide si arsitek, karena biasanya si klien hanya mencurahkan apa yang diinginkan bukan yang ia butuhkan. arsitek juga harus bisa membaca apa kebutuhan si klien, yang terkadang si klien sendiri kurang menyadari kebutuhannya loooh🙂

  2. December 25, 2010 at 12:02 pm

    saya rasa masalahnya ada di sejauh mana arsitek tersebut ingin mengaktualisasikan dirinya dalam setiap karyanya,dan itu tidak mengubah seorang arsitek menjadi seorang perancang / tidak.

  3. December 25, 2010 at 2:06 pm

    menurut saya, seorang arsitek harus dapat mempunyai kedua sifat diatas baik perancang maupun sebagai mediator. Hal ini dimaksudkan arsitek dengan segala keilmuannya bukanlah seseorang yang merasa selalu benar dengan solusi-solusi yang ingin ditawarkannya, namun bersedia untuk mengambil masukkan dari sang klien karena bagaimanapun merekalah calon penggunanya kelak. sebagai mediator, arsitek memiliki kemampuan yang lebih dalam menyalurkan ide, baik bersifat keruangan maupun hal teknis walau gagasan utama muncul dari klien. Namun sebagai perancang, arsitek mencoba memberikan alternatif design yang memungkinkan. keduanya sangat diperlukan sebagai langkah seorang arsitek mewujudkan keinginan klien pada khususnya dan masyarakat pada umumnya karena bagaimanapun, kita menciptakan ruang untuk orang lain berkegiatan.

  4. 4 mijohanes
    December 25, 2010 at 2:40 pm

    menurut saya merancang tidak hanya semata-mata menuangkan ide kita ke suatu produk (dalam hal ini rumah/bangunan klien). Menyusun ide-ide atau gagasan mentah dari klien bukanlah pekerjaan mudah, justru hal ini yang menantang para perancang bagaimana mengolah data-data yang ada (menurut saya ide-ide dari klien juga merupakan data) menjadi wujud fisik yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan klien sesuai dengan disiplin ilmu yang telah kita pelajari.

  5. December 25, 2010 at 4:38 pm

    menurut saya ini ada hubungannya dengan postingan dari salah satu teman kita tentang “want” and “need”.
    ketika arsitek mendengar apa yang kliennya inginkan bukan berarti dia tidak merancang.arsitek hanya sedang membuat list apa yang kliennya butuhkan. bukan kah arsitek seharusnya membuat karya sesuai kebutuhan dari klien?bukan semata-mata hanya karena arogansi nya saja?
    ketika semua list kebutuhan itu disusun dan diterjemahkan ke dalam suatu bangunan dengan beberapa modifikasi sesuai ilmu sang arsitek dan kewajaran dan kemungkinan untuk dibangun itulah yang namanya merancang menurut saya🙂

  6. December 25, 2010 at 5:02 pm

    saya setuju dengan pendapat robin
    itu sebuah pilihan, mau jadi yang seperti apa, yang menurut saya penting untuk diperhatikan adalah
    arsitek adalah orang yang dapat meningkatkan kualitas ruang manusia.
    perihal pelaksanaanya tergantung dari idealisme dari masing-masing arsitek.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: