25
Dec
10

Minggu pagi di alun alun kota..

Anak-anak berseragam olahraga berlarian, sebagian menghampiri para pedagang gerobak makanan dan minuman di jalanan alun-alun, sebagian lain bermain basket dengan asyiknya di lapangan, ada pula yang sekedar duduk-duduk di pinggiran sambil berbincang dengan temannya. Pemandangan inilah yang biasa terlihat di alun alun kota Serang sehari-harinya.  Namun tak sama halnya ketika hari minggu tiba. Jalanan  tempat anak-anak berlari  dan trotoar bertransformasi menjadi  ‘pasar dadakan’ ,  berbagai pedagang kaki lima menjajakan barang dagangannya.  Yang dijual tidak tanggung-tanggung mulai dari makanan dan minuman, hingga pakaian, tas, buku, bantal, mainan, bahkan tanaman dan hewan peliharaan juga tersedia. Semua lengkap untuk memenuhi keinginan berbelanja  masyarakat.

Tidak hanya dapat puas berbelanja atau sekedar mencuci mata, alun-alun juga menjadi tempat yang menyenangkan bagi orang tua yang memiliki anak yang masih kecil. Lapangan basket di hari minggu ‘disulap’ menjadi taman bermain anak-anak. Ada bom-bom car, mandi bola, odong-odong, bianglala mini, gelembung sabun, balon, dan lain sebagainya yang membuat anak-anak betah bermain.

Para orang tua yang senang olahraga pun dapat mengikuti senam pagi di lapangan basket sebelahnya.  Jalanan di depan lapangan menjadi tempat instruktur  senam memperagakan gerakannya. Sebagian orang lainnya datang hanya  untuk nongkrong di pagi hari dengan kenalannya, atau hanya sekedar menghabiskan waktu libur.

Apa yang terlihat di alun-alun sangat semrawut, penuh orang, penuh kegiatan yang sebenarnya tidak tepat pada tempatnya.  Namun, alun-alun menjadi tempat yg dianggap sebagian masyarakat menyenangkan di minggu pagi.  Tempat yang dituju banyak orang untuk berkumpul, berolahraga, atau sekedar jalan-jalan.  Dulu, sebelum saya mendapatkan kuliah keseharian dan arsitektur, saya menganggapnya sebagai  chaos, menyimpang dari yang seharusnya, merusak pemandangan kota, namun sekarang saya mempertanyakannya kembali, apakah alun-alun seperti inilah yang sebenarnya berfungsi dengan baik?


0 Responses to “Minggu pagi di alun alun kota..”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: