25
Dec
10

Privasi, orang lain tidak dapat menyadari keberadaan kita atau kita yang tidak menyadari keberadaan orang lain?

Ini merupakan pengalaman diri saya sendiri, ketika dalam perjalanan, terutama ketika berada di dalam kendaraaan umum. Saya sering merasa terganggu dengan pembicaraan atau pengamen yang berada di dalamnya, terutama ketika saya ingin memejamkan mata sejenak untuk beristirahat atau sekedar ingin mendapatkan ketenangan, mendengarkan musik melalui earphone menjadi solusi saya untuk “mengisolasi diri” dengan orang lain di sekitar saya sehingga saya dapat berisitirahat .
Dari pengalaman itu saya menilai bahwa privasi itu hadir bukan ketika orang lain tidak dapat melihat saya melakukan apa, tetapi saya merasakan privasi ketika saya tidak dapat merasakan (mengindera) apa yang orang lakukan di sekitar saya. Dengan menutup indera pendengaran saya, saya merasa lebih nyaman dan dapat memejamkan mata saya, tidak peduli bagaimana orang menanggapi tingkah laku saya karena saya tidak dapat mendengarnya.

Privasi itu sangat identik dengan keamanan, kita merasa privat bila kita mengetahui orang lain tidak dapat menyadari keberadaan kita, tetapi kita juga dapat merasa aman bila kita tidak menyadari keberadaan orang lain terhadap kita, sehingga perasaan aman itu tercipta. Menurut saya, penggunaan earphone dan headset itu membuat kita merasa aman secara “semu” karena indera kita telah ditipu oleh musik yang kita putar.

Pada kesimpulannya persepsi kita akan sebuah ruang, dapat dimanipulasi dengan beragam teknologi yang ada (dalam hal ini headset) terkadang kita juga merasa asik dengan perangkat mobile kita tanpa menyadari apa yang terjadi di sekitar kita. Ruang pada masa sekarang bukan terbatas pada boundary fisik saja, tetapi kita menciptakan boundary yang kita definisikan sendiri baik secara sadar atau tidak.


0 Responses to “Privasi, orang lain tidak dapat menyadari keberadaan kita atau kita yang tidak menyadari keberadaan orang lain?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

