25
Dec
10

ruang dan keluarga

Keluarga saya terdiri dari 4 orang, papah, mamah, teteh, dan saya sendiri.. Kami tinggal di perumahan dosen Kampus IPB Darmaga Bogor..

Sebelum saya mulai kuliah dan sebelum kaka saya mulai bekerja di jakarta, ruang keluarga menjadi ruang yang penuh dengan aktivitas, mulai dari nonton, makan, mengerjakan tugas, bermain, bercanda, dsb. Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai kuliah di UI Depok dan menginap di kostan, berangkat ke kostan minggu sore, pulang kerumah kadang jumat malam atau sabtu malam, atau malah tidak pulang sama sekali.. berkuranglah satu anggota kerluarga dirumah.. Kemudian berikutnya kaka saya diterima bekerja di jakarta, dan dia pun menginap di kostannya, berangkat setiap minggu sore, dan pulang kerumah jumat malam.

Sehari hari rumah saya hanya dihuni oleh papah dan mamah, ruang yang digunakan untuk beraktivitas pun tidak lagi di ruang keluarga melainkan di kamar mereka, makan, menonton, membaca koran, semua mereka lakukan di kamar mereka, sehingga ruang keluarga tidak lagi hidup seperti dulu..

Kegiatan di ruang ini ternyata berlanjut walaupun kami (saya dan kaka saya) sedang berada dirumah, seolah semua kegiatan yang dulunya dilakukan di ruang keluarga, sekarang dilakukan di kamar orang tua saya.. jadilah kamar ini adalah ruang yang paling hidup di rumah saya..

Ternyata intensitas keberadaan kaka saya dan saya mempengaruhi fungsi ruang keluarga, dan ketidakberadaan saya dan kaka saya mempengaruhi fungsi kamar orang tua saya sampai sampai seluruh kegiatan ruang keluarga pindah ke kamar orang tua saya..

 


0 Responses to “ruang dan keluarga”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

