25
Dec
10

Siapa seharusnya yang menggunakan toilet difabel..?

Berbagai tempat di Jakarta telah menyediakan toilet yang memadai. Toilet memadai disini dimaksudkan kepada penyediaan toilet difabel, yaitu toilet yang didesain khusus bagi para penyandang cacat dan lansia. Yang membedakan toilet biasa dengan toilet difabel adalah dimensi. Toilet difabel yang merupakan toilet duduk ini berukuran 2-3 kali lebih besar dibanding toilet biasa. Dalam toilet difabel terdapat banyak pegangan yang bertujuan membantu para difabel untuk duduk atau berdiri sehingga memudahkan mereka untuk buang air. Selain itu, ukuran kloset lebih tinggi dari kloset pada umumnya agar para difabel dapat dengan mudah duduk jika ia pindah dari kursi roda ke kloset.

Di kantor, pusat hiburan dan perbelanjaan, dan tempat publik lainnya sudah menyediakan toilet khusus bagi para difabel. Toilet difabel pada umumnya diletakkan dalam satu ruangan dengan toilet biasa. Toilet difabel biasanya diletakkan pada bilik paling dekat dengan pintu masuk. Hal ini bertujuan supaya para difabel dengan mudah menjangkau toilet tanpa harus menempuh jarak yang jauh. Namun ternyata pada kenyataannya banyak orang yang karena terburu-buru ingin buang air dan malas berjalan jauh untuk bilik yang lebih jauh, mereka memasuki toilet difabel karena paling dekat dengan pintu masuk. Bagaimana jika ketika toilet difabel mereka pakai, dan pada saat yang sama ada difabel yang ingin memakai toilet tersebut..?

Hal ini lebih kepada kebiasaan dan budaya dari pengguna toilet. Banyak tempat yang para pengguna toiletnya tidak akan memasuki toilet difabel walaupun toilet biasa penuh sekalipun, sehingga mereka harus mengantre toilet biasa. Walaupun beberapa kejadian, ketika toilet penuh dan toilet difabel kosong cleaning service mengijinkan orang yang mengantre untuk memasuki toilet difabel. Namun, karena tidak ada pengguna biasa yang memasuki toilet difabel, makanya orang-orang tidak memasuki toilet ini walaupun toilet biasa penuh. Namun, jika sebelum-sebelumnya telah ada pengguna biasa yang menggunakan toilet difabel, nantinya akan diikuti oleh yang lain. Hal ini menunjukkan kebiasaan dan mencontoh perilaku orang-orang sekitar.

Kebiasaan dan perilaku orang-orang seperti ini sebenarnya tidak menjadi masalah besar bagi orang lain. Simpel memang. Namun, perilaku mereka ini tidak pada tempatnya, yang seharusnya mereka tidak lakukan malah mereka lakukan. Mereka secara tidak langsung mengambil hak para difabel dalam penggunaan toilet mereka. Sudah tersedia toilet umum yang lebih banyak dari toilet difabel yang hanya terdapat satu dalam tiap ruang toilet, tetapi karena kemalasan dan ketidakpedulian mereka menggunakan toilet yang seharusnya tidak mereka gunakan.

Apakah kebiasaan itu akan terus dipertahankan..? Apakah toilet difabel boleh digunakan siapa saja..?


1 Response to “Siapa seharusnya yang menggunakan toilet difabel..?”


  1. December 25, 2010 at 10:50 pm

    saat saya sedang berada di mall, ketika toilet sedang penuh, seorang pegawai dari salah satu toko di mall tersebut (terlihat dari seragam yang ia gunakan)keluar dari toilet untuk difabel. lalu teman saya mencoba masuk karena ia sudah tidak tahan lagi ingin buang air namun antrian toilet normal cukup panjang. ketika ia akan membuka pintu toilet difabel, karyawan yang baru saja keluar dari situ berkata bahwa toilet tersebut tidak boleh digunakan oleh sembarang orang. lalu saya bertanya-tanya, “sembarang orang” yang dimaksud ini siapa? bukankah ia juga baru saja menggunakan toilet tersebut sedangkan ia masih muda&tidak cacat sama sekali? ini cukup membuat kesal teman saya tersebut.
    lalu pengalaman lain, ketika sedang berada di toilet sebuah mall, keadaannya sedang sepi, teman saya iseng membuka toilet difabel tersebut dan menemukan beberapa karyawati mall tersebut sedang asik menggosip di dalamnya. hmm apakah toilet untuk difabel ini sudah berubah fungsi?


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: