25
Dec
10

Teknologi-kebiasan baru-hilang naluri

Perkembangan teknologi kian hari semakin maju berkembang. Teknologi hadir  ke dalam kehidupan manusia sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan manusia. Teknologi hadir akibat dari keadaan susah manusia atau keadaan tidak nyaman manusia. Sebelum mengenal teknologi manusia bekerja dengan teknik dan keterampilan yang dimilikinya. Dengan  keterampilan dan teknik terhadap apa yang ia kerjakan,manusia jauh lebih sadar terhadap apa yang ia kerjakan.

Saat ini, sebagian besar orang telah memilki ketergantungan terhadap teknologi. Antara lain:handphone,mp3,internet dan lain-lain. Handphone, hampir setiap orang memilikinya. Handphone mempermudah kegiatan kita dalam berkomunikasi. Tanpa kita sadari, keberadaan handhone menjadi sangat penting. Terkadang kita merasa gelisah apabila handphone kita tidak berada di samping kita. Dengan handphone, kita merasa dekat dengan seseorang padahal orang tersebut tidak berada di dekat kita dan apabila handphone tersebut hilang kita pun merasa kehilangan seakan-akan kita menjadi jauh dengan orang yang biasa kita ajak komunikasi. Handphone menjadi seperti candu ketika kita terbiasa menggunakannya. Dan ketika handphone tersebut menjadi barang yang tak bisa dihilangkan dari kehidupan kita maka keasikan kita dan handphone seakan-akan seperti dunia hanya antara kita(pemilik handphone dan handphone). Sering kali ketika kita sedang asik dengan handphone  kita tidak mempedulikan orang lain yang ada di sekitar kita.

Mp3 hadir di kehidupan kita adalah sebagai sarana untuk mempermudah mendengarkan musik. Musik yang dulu dapat kita dengarkan hanya di dalam rumah sekarang dapat di nikmati dimanapun. Dengan adanya musik tersebut dimanapun kita merasa bosan kita bisa mendengarkan musik. Mp3 pun dapat menjadi candu ketika kita terbiasa mendengarkan musik dimanapun kita berada dan dikegiatan apapun yang menyertai kita dan ketika kita kehilangan mp3 tersebut seakan-akan dunia hampa. Pernah kita dengar kasus beberapa bulan lalu yang merenggut nyawa seorang mahasiswa FMIPA UI. Usut punya usut kejadian itu disebabkan ia tidak dengar ketika orang memberikan peringatan ada kreta karena ia sedang mendengarkan mp3. Selain itu sering kita temui ketika kita naik kreta, orang-orang yang mendengarkan dan menikmati  sendiri music di mp3 dan cenderung tidak memperdulikan orang yang ada di sekitarnya, hanya mp3 dan orang tersebut.

Dari dua contoh tersebut, terkadang apa yang membuat kita nyaman dan memberikan suatu kebiasaan baru dan menghilangkan rasa alamiah kita sebagai manusia yaitu rasa peduli terhadap oranglain. Keberadaan teknologi menjadikan suatu ruang privat yaitu antara seseorang dengan teknologi tersebut dan kepedulian terhadap orang disekitarnya menjadi berkurang. Dan kita  menjadi kurang sadar terhadap apa yang kita kerjakan akibat dari space yang kita ciptakan dengan teknologi tersebut.Padahal dengan kita peduli  terhadap orang yang ada di dekat kita maka orang pun akan peduli terhadap kita dan apabila kita sadar terhadap apa yang kita kerjakan maka kita akan lebih teliti terhadap apa yang ada disekitar kita. seperti halnya berkarya dalam arsitektur apabila kita terbiasa menggunakan teknologi maka naluri dan kesadaran kita terhadap apa yang kita kerjakan lebih berkurang dari pada yang menggunakan sketsa tangan sendiri.


0 Responses to “Teknologi-kebiasan baru-hilang naluri”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: