25
Dec
10

yang nyaman atau yang baik yaaaaah?

ini adalah sebuah pemikiran yang sering menghampiri pikiran saya.. ketika berbicara tentang keseharian dalam arsitektur, di benak saya selalu muncul pemikiran tentang bagaimana seseorang memaknai ruang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.. pemaknaan ruang yang setiap individu lakukan tentu saja akan berbeda-beda.. pemaknaan yang dilakukan biasanya seolah-olah ‘menyalahi’ fungsi yang ditujukan.. saya contohnya.. di kamar, saya memiliki meja belajar yaitu ruang dan benda yang seharusnya saya gunakan untuk belajar..namun, saya tidak pernah menggunakan ruang dan benda tersebut untuk belajar..saya tidak begitu nyaman dengan ruang yang benda itu berikan untuk saya belajar.. saya lebih nyaman untuk belajar diatas tempat tidur saya yang dapat memberikan ruang yang lebih fleksibel untuk saya memilih posisi belajar.. jika dilihat dari kasus sederhana ini, ruang belajar yang benar adalah di meja belajar itu.. meja belajar pun telah dirancang untuk dapat memberikan posisi yang baik saat belajar..tapi ternyata untuk saya pribadi posisi yang beragam yang bisa saya dapatkan di tempat tidur lebih nyaman untuk belajar..disini terlihat keseharian atau kebiasaan saya berkegiatan dalam suatu ruang tidak lah baik, tapi membuat saya nyaman.. Jadi, yang manakah sebenarnya yang harus diikuti, yang nyaman atau yang baik? apakah yang baik itu selalu tidak nyaman?


1 Response to “yang nyaman atau yang baik yaaaaah?”


  1. 1 mijohanes
    December 25, 2010 at 8:28 pm

    Mungkin hal ini yang terjadi pada arsitektur modern, ketika semua fungsi berusaha dipisahkan dan diberikan tempat khusus, pada kenyataannya kita bukanlah robot yang melakukan sebuah fungsi pada satu waktu, terdapat irisan-irisan dari fungsi-fungsi dari ruang. Definisi “baik” di sini berdasarkan “fungsi seharusnya” seperti yang terjadi pada arsitektur modern, dan mungkin sekarang sudah cukup usang untuk dipakai.


Leave a Reply

