26
Dec
10

dapur bersih akankah berakhir menjadi pajangan dalam rumah?

Sekarang banyak terdapat dua pengklasifikasian dapur pada rumah: dapur bersih dan dapur kotor.

Dapur bersih biasanya dibuat sangat bagus, furniturenya mengikuti tren saat ini begitu pula dengan perabot dapur lainnya. Letaknya biasanya di dekat ruang makan sehingga saat tamu datang dapat langsung melihatnya juga. Semacam kebanggaan bagi sang pemilik rumah di kala sang tamu memuji furniture atau dekorasinya yang bagus. Akan tetapi tidak seperti judulnya “dapur”,dapur bersih biasanya jarang atau bahkan tidak pernah digunakan oleh sang pemilik rumah untuk melakukan kegiatan-kegiatan rumah tangga seperti memasak, mencuci piring dan lain sebagainya. Entah karena takut untuk mengkotori furniturenya yang bagus itu, tetap menjaga kebersihan sang dapor bersih itu hingga tak tega memakainya atau tidak ada waktu di rumah untuk sekedar mempersiapkan makanan bagi anggota keluarga lainnya.

Sedangkan dalam kenyataanya, hanya dapur kotorlah yang hanya dipakai setiap harinya. Dapur kotor biasanya digunakan oleh asisten rumah tangga setiap harinya. Penampilan dari dapur kotor ini biasanya tidak terlalu diperhatikan sehingga tak jarang terlihat kotor dan berantakan. Apalagi letaknya yang berada di bagian belakang rumah biasanya dekat dengan ruang servis lainnya dan kamar pembantu menjadikannya tak terlalu diperhatikan. Dapur kotor inilah yang menjadi pusat kegiatan masak-memasak setiap harinya.

Lalu muncul pertanyaan dibenak saya, kalau begitu apa gunanya dapur bersih??

Apakah hanya untuk pajangan saja?

Kalau begitu kenapa namanya tidak berubah menjadi: dapur hiasan atau dapur pajangan?

Kalau pembuatan dapur bersih hanya untuk mengikuti tren tanpat memperhatikan kebutuhan akan fungsi dapur sesungguhnya, maka lebih baik jika hanya terdapat satu jenis dapur saja tetapi digunakan secara maksimal. Kemudian kembali lagi kepada pertanyaan:kebutuhan atau keinginan yang ingin kita wujudkan dalam ruang keseharian kita?


1 Response to “dapur bersih akankah berakhir menjadi pajangan dalam rumah?”


  1. December 28, 2010 at 2:33 pm

    saya rasa terlalu gegabah juga apabila dapur bersih dinyatakan sebagai tidak terpakai atau jarang terpakai. Saya percaya ada saja keluarga yang memakai dapur bersih sesuai dengan fungsinya, walaupun pada kebudayaan masyarakat Indonesia memang bukan merupakan hal lazim.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: