26
Dec
10

Lihatlah ke luar

Suka berjalan-jalan? Ya, jalan-jalan, yang dalam hal ini sedang dalam keadaan santai, sering dilakukan orang untuk sekedar refreshing. Dengan apa kalian berjalan-jalan, dengan kendaraan pribadi kah? Kendaraan umum kah? Atau cukup dengan berjalan kaki? Kemudian, ketika kalian sedang berjalan-jalan, apa saja yang kalian lakukan?

Dulu ketika saya baru kedua kalinya naik Transjakarta, saya belum hafal arah maupun jalur Transjakarta. Ketika itu, saya sedang berada di halte Transjakarta di daerah Senen dan akan pulang ke rumah, ke arah Cililitan. Sebelumnya, saya pernah naik Transjakarta dari halte tersebut, jadi saya cukup yakin saya bisa pulang ke rumah. Dengan sedikit sok tahu (haha :D) saya masuk ke bus Transjakarta yang baru saja tiba, dan ternyata bus tersebut menuju ke arah yang berbeda dari tujuan saya! “Gawat, gue nyasar!” pikir saya waktu itu. Namun setelah bertanya-tanya, saya akhirnya tahu juga bagaimana supaya saya bisa kembali ke Senen.😀

Berhubung hari itu hari Minggu, jadi tidak banyak yang menggunakan jasa Transjakarta sehingga bus yang saya naiki cukup lengang, sehingga saya cukup lega karena tidak perlu berdesak-desakan. Lalu, karena saya bosan, saya memutuskan untuk melihat-lihat ke luar. Ternyata bus yang saya naiki melewati jalan-jalan yang belum pernah saya lalui sebelumnya, karena saya jarang ke daerah tersebut. Walaupun masih di dalam Jakarta, jalan, bangunan, dan suasana di sana cukup asing bagi saya. Mata saya pun tidak lepas dari pemandangan di luar jendela. Dan ternyata, bus yang saya naiki melewati Stasiun Gambir, Monas, dan seterusnya. Wah, saya baru mengetahui, ternyata ada jalan lain untuk menuju ke Stasiun Gambir selain jalan yang biasa saya lewati dengan mobil pribadi. Tidak hanya itu, suasana daerah ini sangat berbeda dengan daerah tempat tinggal saya.

Dalam kuliah everyday sebelumnya pernah dibahas mengenai window shopping. Tentunya bagi yang suka belanja tidak asing lagi dengan istilah ini.😀 Ya, melihat-lihat, itulah maknanya, seperti kalau kita sedang jalan-jalan ketika belanja, kita hanya melihat dari balik kaca toko. Kembali ke pertanyaan tadi, apa yang kalian lakukan ketika berjalan-jalan, terutama ketika sedang berada dalam kendaraan? Apakah berkomunikasi lewat HP seperti yang banyak orang lakukan? Atau hanya duduk saja sambil mendengarkan musik? Hal tersebut bisa dan boleh saja dilakukan, tetapi perlu juga kita melihat ke luar.🙂

Ada banyak hal menarik yang bisa dilihat di luar: kehidupan dalam society. Ada manusia, bangunan, alam, serta aktivitas yang menghubungkan semua komponen yang terlibat di dalamnya. Ketika saya mengalami nyasar seperti cerita saya di atas, mata saya justru tidak dapat lepas dari pemandangan di luar jendela, melihat bagaimana situasi yang ada di sekitar jalan yang saya lewati. Apabila saya sedang dalam perjalanan ke luar kota, ketika naik mobil atau kereta, saya selalu memilih tempat yang berada dekat dengan jendela, karena seiring melajunya kendaraan, pemandangan di luar pun berubah. Setelah melewati suatu tempat, kita menuju ke tempat yang baru, begitulah perjalanan, hingga kita sampai di tempat tujuan. Tentunya akan sayang apabila pemandangan mengenai situasi ini terlewatkan.

Manusia, lingkungan, serta aktivitasnya merupakan bagian dari keseharian kita. Kita pun perlu memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar kita, karena mungkin hal-hal yang kita lewati dalam setiap proses perjalanan kita dapat memberikan sesuatu pengalaman atau cerita yang menarik bagi kita.🙂


1 Response to “Lihatlah ke luar”


  1. 1 nisanichan
    December 27, 2010 at 8:10 pm

    saya sendiri berpendapat bahwa “nyasar” adalah kegiatan yang cukup menyenangkan. saat nyasar, saya merasa menjadi turis di kota sendiri. dan karena saya harus menemukan jalan keluar, maka saya akan lebih memperhatikan keruangan yang sedang saya lewati. apa yang ada di sana, apa ciri-ciri yang ada di sana, dan hal-hal lain yang biasanya kurang terlihat apabila saya melewati jalan yang sering saya lewati sebelumnya.


Leave a Reply

