04
Jan
11

Profile picture Facebook

Profile picture. Istilah ini, jujur, pertama kali saya dengar saat saya menggunakan aplikasi jejaring sosial bernama Friendster. Saat itu saya masih duduk di bangku SMA. Setelah memasuki dunia perkuliahan, saya beralih menggunakan aplikasi Facebook, mengikuti saran teman-teman saya. Tidak lama kemudian aplikasi ini semakin ramai digunakan dan saat ini begitu banyak orang memiliki account di Facebook. Profile picture, atau sering disingkat profpic, merupakan foto (picture) yang diupload oleh pengguna account tersebut untuk dijadikan tampilan utama pada profile kita atau icon yang langsung terlihat di samping nama kita. Profile picture ini sangat membantu orang lain untuk mengenali (umumnya wajah) kita.

Gambar atau foto yang ditampilkan pada profile picture ini sangat beragam dan seringkali diganti oleh pemilik accountnya. Mengapa mereka (dan juga saya) mengganti foto yang menjadi profile picture ini? Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh mood kita. Hal-hal yang terjadi dalam keseharian kitta masing-masing juga ikut menentukan apa yang ingin kita tampilkan sebagai profile picture. Lalu, mengapa pemilihan foto ini menjadi cukup penting? Tentu saja karena foto ini merupakan foto yang pertama kali terlihat oleh orang lain saat mereka mengakses account kita, tentu foto pada profile picture ini akan menimbulkan first impression orang tersebut terhadap kita. Menurut saya, hal ini cukup menarik. Oleh karena itu, pada tulisan ini saya mencoba mencari tahu apa sih first impression yang ingin orang peroleh dari sesamanya. Saya mengambil sampel dari daftar orang-orang yang menjadi teman (friend) saya pada aplikasi ini. Berikut data yang saya ambil pada tanggal 1 Desember 2010 melalui alamat Facebook saya.

Foto Total
Badan 1
Bagian Atas 59
Benda 5
Blank 1
Default 2
Foto Bersama 37
Full Body 28
Gambar 11
Kaki 1
Kegiatan 2
Muka 102
Pasangan 23
Tulisan 17
Tulisan dan Gambar 28
Grand Total 317

Dari data tersebut kita dapat melihat separuh dari seluruh friend saya menampilkan foto yang menunjukkan wajah mereka, dengan 2/3 di antaranya hanya menampilkan foto close-up wajah saja dan 1/3 sisanya menunjukkan bagian tubuh atas mereka juga, dari perut hingga bahu. Dari 59 orang yang menampilkan tubuh bagian atasnya, 12 di antaranya berfoto bersama temannya (1 – 2 orang), 7 orang tidak menghadap ke arah depan, 6 orang menghadap ke arah pinggir, bahkan ada 2 orang yang wajahnya benar-benar tertutup, dan 2 orang lainnya yang fotonya diambil dari kejauhan sehingga wajahnya sangat sulit untuk dikenali. Begitu pula dengan foto wajah saja, terdapat variasi seperti foto tubuh bagian atas, namun dengan persentase yang lebih kecil. Yang berbeda yaitu di antara 102 orang tersebut terdapat 3 orang yang menampilkan wajah mereka saat masih bayi, dan yang aneh terdapat 5 orang yang justru menampilkan wajah orang lain, misalnya artis idolanya, atau wajah temannya (sudah minta ijinkah?).

Dari data juga terlihat hampir 9% orang yang menampilkan seluruh tubuh mereka, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Terdapat masing-masing seorang yang menampilkan foto badannya, namun tidak memperlihatkan wajahnya, dan kakinya saja.

Persentase yang lumayan besar dari data tersebut adalah foto bersama (11,67%), yaitu foto yang diambil beramai-ramai, sebagian besar bersama teman-temannya dan sisanya bersama keluarga atau orang lain (maaf, saya tidak tahu siapa) dan foto bersama pasangannya (saya menarik kesimpulan orang tersebut berfoto bersama pacarnya, meskipun beberapa foto di antaranya terlihat meragukan), sekitar 7,26%.

Persentase signifikan lainnya juga terlihat pada data tulisan dan gambar dan tulisan saja. Hal ini disebabkan adanya suatu kecelakaan yang menimpa salah seorang teman mereka, sehingga mereka memasang gambar dan tulisan yang sama pada profil picture mereka sebagai bentuk dukungan mereka (agar temannya cepat pulih). Namun, untuk 3,47% yang menampilkan hanya gambar memiliki alasan berbeda. Di antara mereka ada yang menggambar sendiri (misalnya sketsa wajahnya) dan ada yang mengunduh dari internet, sama sekali tidak menampilkan wajahnya sendiri.

Secara keseluruhan wajah diri sendiri merupakan pilihan profile picture paling favorit dan memang sangatlah wajar jika kita menampilkan wajah kita sendiri apa adanya (meskipun beberapa berusaha menampilkan wajah seimut mungkin). Namun, profil picture juga dapat menunjukkan status hubungan seseorang dengan menampilkan foto bersama pacar. Pilihan favorit berikutnya sepertinya foto bersama dengan teman-temannya, karena melalui aplikasi inilah kita memiliki kesempatan untuk berhubungan kembali dengan teman-teman lama kita dan menunjukkan teman baru kita. Profil picture juga bisa dijadikan sarana penyampaian informasi dan dukungan, seperti misalnya dengan menampilkan tulisan dan gambar seperti yang terjadi pada data ini.

Walaupun umumnya profil picture dijadikan sarana untuk menunjukkan siapa kita, ternyata dari data tersebut dapat dilihat juga bahwa tidak sedikit orang yang malu menampilkan foto dirinya. Ada yang menampilkan fotonya dari kejauhan, tampak samping, atau tertutup sesuatu, atau bahkan menggantinya dengan foto orang lain atau gambar. Mungkin foto tersebut bisa menggambarkan dirinya lebih baik daripada wajahnya sendiri. Atau ada alasan pribadi lain yang tentu saja tidak mungkin saya ketahui.

Adapun tulisan ini tidak bertujuan untuk memberikan sugesti profil picture mana yang baik untuk ditampilkan. Tulisan ini hanya bertujuan untuk memaparkan data beberapa profile picture account facebook teman-teman saya. Mungkin hal ini biasa namun terkadang kita menganggapnya sepele, padahal kita tahu pilihan profil picture anda sedikit banyak ikut mempengaruhi pandangan orang lain terhadap diri kita.


0 Responses to “Profile picture Facebook”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: