01
Nov
11

Segitiga Emas Bekasi

Segitiga Emas Bekasi adalah istilah lazim untuk menyebut mall-mall yang berada di sekitar pintu tol Bekasi Barat. Ada Mall Metropolitan (MM), Bekasi Cyber Park (BCP), Mega Bekasi (Giant), dan Bekasi Square (Besqi). MM, BCP, dan Giant terletak sangat berdekatan,  hanya dipisahkan oleh jalan semata. Letak mereka yang strategis (persis setelah keluar pintu tol) membuatnya senantiasa ramai pengunjung. Pangsa pasar keempat mall tersebut pun sebenarnya berbeda. MM dan Besqi lebih kea rah mall untuk hang out sedangkan Giant dan BCP lebih condong ke arah barang elektronik dan berbelanja.

Pemusatan pusat perbelanjaan di titik ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Awalnya hanya ada Hero (dulunya BCP) dan MM saja. Namun mendadak muncul Giant dan Besqi. Giant dan Besqi menawarkan sesuatu yang beda untuk masyarakat sehingga memaksa MM dan Hero untuk berkembang juga. MM pun memperluas diri dengan membeli beberapa bagian dari Hotel Horison yang berada tepat di samping MM sehingga sekarang terdapat MM1 dan MM2. Hal ini untuk mengimbangi munculnya Besqi yang merupakan tempat hang out yang terkesan lebih modern. Hero pun akhirnya tutup dan berubah menjadi BCP. Tempat yang awalnya hanya ada tempat belanja kini berubah menjadi tempat belanja dan pusat barang elektronik untuk menyaingi Giant yang tentu terdapat Giant dan tempat-tempat elektronik.

Jika ingin selamat di segitiga ini maka mereka harus terus berkreasi agar tidak mati. Saya ambil contoh Plaza Bekasi yang letaknya persis di depan Giant. Orang-orang lebih banyak mengenalnya sebagai Ramayana karena memang Ramayana-nya yang sangat diekspos. Karena tidak dapat menawarkan yang lebih, Plaza Bekasi akhirnya bangkrut dan kembali dibuka lagi dan kembali bangkrut lagi. Kira-kira Plaza Bekasi ini sudah bangkrut sebanyak tiga kali. Bahkan saat ia bangkrut untuk ketiga kali, rata-rata orang tidak menyadarinya . Sekarang Plaza Bekasi berganti menjadi Ace Hardware dan untungnya sampai sekaran g masih belum bangkrut.

Memusatkan mall di satu titik seperti ini saya rasa tidak terlalu efektif. Hal ini membuat jalanan di sekitar pintu tol menjadi semakin semerawut. Sepintas memang terlihat keren saat baru keluar tol langsung disambut mall-mall besar dan kita jadi banyak pilihan untuk tempat hangout dan sangat memudahkan warga untuk mencari barang (tidak usah ke Jakarta lagi). Tapi kalau dilihat-lihat lagi, sebenarnya keempat mall ini tidak terlalu beda jauh. Keempatnya punya bioskop (sudah tingkat XXI, BCP malah mempunyai Blitz), tempat-tempat makan yang sudah terkenal ada di keempatnya. Jika pembangunannya disebar rasanya akan lebih baik karena dapat mengurangi tingkat kepadatan mobil di sana.

Sebenarnya saya agak menyayangkan kebijakan pemerintah untuk lebih mengurusi daerah komersil seperti ini. Pembangunan ruang terbuka umum sangat sedikit. Sekarang sedang gencar-gencarnya pembangunan Sumarecon Bekasi dan Galaxy City dan Galaxy City akan membangun mall yang sangat besar. Perlu diperhatikan letak Sumarecon Bekasi dan Galaxy City tidak terlalu berajauhan. Hal ini akan membuat pusat kota Bekasi semakin semerawut dan macet. Jika sudah begini, tinggal di Bekasi pun tidak akan menjadi nyaman lagi. Ruang terbuka sudah semakin sedikit dan ini bisa membawa dampak buruk seperti banjir. Pada banjir besar beberapa tahun lalu saja area Giant sudah terendam banjir. Bagaimana sekarang yang lahan hijaunya dibabat habis untuk dijadikan daerah komersil?

Daerah komersil memang penting, dan saya sebagai warga yang tinggal sudah cukup lama benar-benar merasakannya. Namun daerah terbuka seperti taman kota juga saya rasa penting.


0 Responses to “Segitiga Emas Bekasi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: