02
Nov
11

Bagaimana cara Anda menyeberangi jalan?

 

Apakah Anda orang yang senang berjalan kaki?  Jika ya, mungkin Anda sering menemukan kesulitan ketika berjalan kaki di area sekitar jalan raya di mana tidak terdapat jembatan penyebrangan ataupun zebra cross. Lalu, apakah Anda akan menyeberang begitu saja atau memilih mencari jembatan penyeberangan yang berada jauh dari lokasi tujuan Anda? Umumnya orang akan menyeberang begitu saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

Saya sendiri orang yang lebih memilih menyeberang di jembatan penyeberangan. Jembatan penyeberangan memang lebih melelahkan untuk dilalui. Kita harus menaiki tangga, yang kadang ukurannya tidak ergonomis, atau bahkan dilalui oleh sepeda motor (untuk jembatan penyeberangan yang memiliki ramp). Kita pun sampai di atas, di lorong datar, yang seringkali dipenuhi pedagang dan atau pengemis. Keberadaan mereka membuat ruang untuk berjalan menjadi sempit. Belum lagi, orang-orang yang sengaja berhenti untuk melihat-lihat barang dagangan. Walaupun banyak hal yang membuatnya kurang nyaman untuk dilalui, jembatan penyeberangan membuat orang aman dari bahaya tertabrak mobil. Sering terjadi kasus penjambretan di jembatan penyeberangan, apalagi yang memiliki penerangan kurang. Hal itu merupakan satu-satunya faktor yang membuat saya dan mungkin banyak orang lain memilih untuk tidak menggunakan jembatan penyeberangan.

Banyak teman saya yang lebih suka menggunakan zebra cross untuk menyeberang. Alasannya adalah karena lebih cepat dan tidak banyak menghabiskan tenaga. Zebra cross memang lebih praktis, namun letaknya biasanya berada di perempatan atau pertigaan jalan, di mana lampu lalu lintas berada, sehingga lebih jarang ditemukan. Zebra cross yang berada di bagian jalan yang jauh dari pertigaan atau perempatan lebih sulit untuk dilalui karena banyak pengemudi yang tidak memelankan laju kendaraannya ketika mendekati zebra cross. Zebra cross yang baik seharusnya memiliki fasilitas lampu penyeberang jalan seperti yang berada di depan Mal Ambasador. Zebra cross ini dilengkapi dengan timer sehingga sistem penyeberangan menjadi teratur. Sarana ini lebih cepat, aman, serta tak menghabiskan tenaga.

 

Apakah Anda lebih suka menggunakan zebra cross? Atau Anda lebih suka menggunakan jembatan penyeberangan? Atau Anda adalah orang yang lebih suka menyeberangi jalan tanpa menggunakan salah satu sarana ini? Jika Anda memilih menyeberangi jalan tanpa menggunakan sarana penyeberangan, berarti faktor praktis sangat mempengaruhi Anda. Resiko tertabrak kendaraancenderung diperhatikan.

Cara manapun yang Anda pilih untuk menyeberangi jalan, semuanya sama-sama dipengaruhi faktor kecepatan, keamanan, dan tenaga. Faktor situasi dan kondisi juga turut menentukan. Jembatan penyeberangan yang lebih aman sering tidak digunakan karena letaknya yang jauh dan kondisi jalan yang sepi. Apapun kondisinya, sebaiknya sarana untuk menyeberangi jalan memperhatikan faktor-faktor tersebut. Dengan begitu, pejalan kaki pun akan merasa nyaman dan secara tidak langsung jumlah pejalan kaki pun akan meningkat


0 Responses to “Bagaimana cara Anda menyeberangi jalan?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: