02
Nov
11

Memperluas Sarang Sampai ke Depok

Film 30 Hari Mencari Cinta memiliki tempat tersendiri di daftar apa yang diinginkan selama hidup. Bukan dari alur ceritanya, melainkan latar tempat cerita itu. Di film ini digambarkan 3 orang sahabat yang memiliki rumah kontrakan dan masing-masing dari mereka memiliki kamar yang ditata sesuai dengan keinginan masing-masing. Masalah penataan kamar  inilah yang diinginkan dan tentunya penataan akan sulit untuk dilakukan jika ruangan tersebut bukan milik pribadi saja.

Suatu tempat yang dinamakan ruang pribadi adalah hal yang sulit untuk dibayangkan saat berada di rumah. Tidak ada tempat yang benar-benar khusus untuk 1 orang saja. Semuanya digunakan bersama, bahkan sampai kasur sendiripun sering diinvasi oleh kakak atau adik yang juga  1 kamar. Kondisi ini benar-benar tidak memungkinkan untuk menata kamar sesuai dengan apa yang diinginkan. Baru saja membereskan sisi kamar yang satu, sisi yang lain sudah berantakan, dan kejadian ini berlangsung-terus menerus sampai pada akhirnya, bagian yang bisa ditata hanyalah sisa space sempit kurang dari 50 cm. Bagian yang tersisa tersebut diputuskan untuk menjadi rak buku yang di dalamnya terdapat buku-buku koleksi dan diatasnya diletakkan barang-barang lainnya sampai menjulang.

Peluang untuk memiliki kamar idaman pada akhirnya tersampaikan saat masuk perkuliahan. 2 tahun sudah menjadi mahasiswi.  2 tahun sudah hidup ngekos. Artinya, 2 tahun sudah saya punya kamar sendiri.  Dan itu berarti 2 tahun sudah peluang untuk menata ruang sesuai dengan apa yang diimpikan. Kamar yang rapi, memiliki spot nyaman untuk duduk-duduk santai sambil minum teh dan bisa menjadi tempat menuangkan ide-ide mendesain barang ada di depan mata. Tetapi, peluang tersebut tetaplah jadi peluang yang sampai saat ini belum terwujud.  Secara tidak sadar, penataan di rumah yang sangat praktikal terbawa sampai ke kos. Di mana ada space kosong, pasti dimanfaatkan entah menjadi tempat bahan-bahan maket atau tempat menaruh tumpukan kertas, buku dan barang-barang yang dihasilkan selama kuliah. Terkadang penataan jadi kurang lazim untuk fungsi yang seharusnya, seperti bagian bawah kasur mejadi meja membuat tugas dan lain sebagainya. Walaupun begitu, apa yang dibutuhkan dapat terpenuhi di ruang yang tidak luas ini apapun caranya.Secara visual, memang ruangan tampak berantakan. Serapi-rapinya kamar, masih  jauh dari standar rapi orang kebanyakan, tetapi  justru kamar berantakan penuh barang yang ada saat ini mampu memberikan suasana rumah yang selama kuliah ditinggalkan dan mengobati sedikit rasa ingin pulang di saat yang tidak memungkinkan. Suatu suasana yang mungkin saja hilang bila kamar yang diimajinasikan terwujud.  Kesempatan untuk menata kamar idaman memang tidak diambil, dan sebagai dalih, muncul kalimat, “Aaahhh namanya juga kuliah di arsitektur, banyak kerjaan, kamar selalu berantakan, dan ga ada waktu buat dekor kamar.”


1 Response to “Memperluas Sarang Sampai ke Depok”


  1. November 10, 2011 at 10:03 pm

    Haha.. saya setuju dengan grace, saya juga memiliki keinginan yang sama, saat berencana kost.
    Barang-barang anak ars memang tidak ada habisnya, malah cenderung bertambah smakin lama saya kuliah, dan tentunya barang-barang itu membutuhkan space yang cukup luas. Ditambah dengan kamar kost yang tidak terlalu luas, tentunya kita jadi cenderung mengutamakan kepraktisan, sehingga alam bawah sadar kita dari rumah terbawa dan akhirnya yang kita utamakan dalam kamar adalah bagaimana caranya supaya tidak terlalu berantakan.
    Tapi terkadang saya berpikir, kalau justru bahan dan peralatan maket dan sisa-sisa pekerjaan kitalah yang menguatkan kepemilikan kita kepada kamar tersebut, shingga justru kamar yang tidak terlalu rapi (setelah dibersihkan dari sisa-sisa pekerjaan) itu lah yang membuat kita merasa home dengan kamar itu. Hehe


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: