02
Nov
11

Walk In Closet ‘Dadakan’

Pada awalnya rumah saya adalah rumah kos – kosan yang disewakan, sehingga ruang yang terbentuk adalah beberapa kamar standar 3×4 m dengan kamar mandi terpisah serta jumlah kamar yang melebihi anggota keluarga saya . Saat saya baru pindah yang menjadi masalah adalah kamar tidur utama kedua orang tua saya yang memiliki kebutuhan furniture melebihi luas ruangan tersebut. Dengan kebutuhan furniture berupa tempat tidur “king size” dilengkapi dua buah “night table”, meja televisi, meja rias dan area “wardrobe” untuk ayah dan ibu, kamar utama di rumah saya tidak cukup untuk di manfaatkan di area 3x4m tersebut. Sehingga solusi yang terjadi adalah pemisahan antara kebutuhan istirahat dan kebutuhan berpakaian pada dua kamar yang berbeda dengan cara pemanfaatan ruang kamar yang tersisa sabagai walk in closet ‘dadakan’.

Apa itu walk in closet? Walk in closet adalah sebuah ruangan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sandang penghuni rumah. Ruangan ini dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan pakaian, aksesoris serta kebutuhan pendukung penampilan lainnya. Serta menjadi area penyimpanan barang yang biasa di letakkan pada lemari pakaian seperti seprei atau handuk. Berbeda dengan walk in closet pada umumnya yang memiliki penataan yang khusus dan apik, di rumah saya, walk in closet dapat diibaratkan sebagai ‘gudang’ pakaian, pasalnya pemanfaatan ruang yang ‘dadakan’ menjadikan segala furniture yang berhubungan dengan pakaian dimasukkan kedalam ruang ini tanpa penataan, sehingga ruang terasa sempit dan tidak rapi.

Pada awalnya walk in closet  diibaratkan sebagai ‘butik pribadi’ dan identik dengan gaya hidup yang mewah, karena membutuhkan area khusus tambahan pada suatu hunian. Namun, apakah tetap di kategorikan mewah jika yang terjadi adalah berupa pemanfaatan ruang kamar ‘dadakan’ seperti yang terjadi di rumah saya ?


0 Responses to “Walk In Closet ‘Dadakan’”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: