02
Nov
11

Zebracross: Apa itu?

Zebracross adalah istilah untuk sebuah garis lalu lintas yang dibuat untuk mencegah terjadi kecelakaan penyebrang jalan yang tertabrak oleh mobil karena penyebrang menyebrang tidak hati-hati. Marka jalan ini pada umumnya memberikan prioritas jalan bagi pejalan kaki dan oleh karena itu dengan adanya peraturan ini pengendara mobil diharapkan untuk memprioritaskan pejalan kaki. Sarana penyebrangan ini bahkan dapat menjadi lebih efektif apabila ditambahkan dengan tanda untuk mengurangi kecepatan dan polisi tidur. Namun di Indonesia, khususnya Jakarta, nampaknya sebagian masyarakat tidak mengerti fungsi ataupun apa itu zebracross .

Yang saya alami di Jakarta selama ini adalah banyaknya orang yang tidak mematuhi zebracross itu sehingga membuat kenyaman menggunakan jalanan berkurang . Dari sudut pandang seorang pengendara kendaraan bermotor yang dapat dialami adalah bagaimana manusia-manusia yang menyebrang sembarangan membuat pengemudi menjadi kaget dan dapat memicu kecelakaaan. Sebagai pengendara mungkin kejadian itu sering ditemui dimana di detik berikutnya sang pengemudi mengeluarkan segala macam umpatan tentang bagaimana penyebrang jalan itu tidak tahu aturan bagaimana seharusnya penyebrang jalan seharusnya menunggu dulu lihat kanan-kiri dan sebagainya.

Dari sudut pandang penyebrang jalan yang sering dialami adalah ketika mereka mau menyebrang, baik di zebracross maupun tidak, kendaraan bermotor justru meningkatkan kecepatan agar jalannya tidak diambil oleh penyebrang. Jarang sekali ditemukan mobil yang mau berhenti untuk mempersilakan penyebrang untuk lewat.

Dilihat dari kejadian diatas dapat ditemukan bahwa kedua pihak banyak yang tidak mengerti hak dan kewajibannya dalam masalah penyebrangan dengan zebracross. Pengendara mobil merasa bahwa seharusnya mobil menjadi prioritas dalam jalanan dan sebaliknya untuk penyebrang jalanan mereka merasa hal semudah menyebrangi jalan tidak perlu mengikuti rambu-rambu yang berlaku dan mereka menyebrang asal saja.

Pertanyaannya adalah apakah betul mereka tidak mengerti aturan di zebracross? Atau hanya pura-pura tidak sadar akan peraturan itu ?


1 Response to “Zebracross: Apa itu?”


  1. January 3, 2012 at 9:43 am

    dulu lagi jaman SMA, saya pernah dengar dari teman yang jago banget pelajaran IPS-nya. dia bilang kalau zebra cross itu adalah lintasan pejalan kaki (trotoar?) yang “dipinjamkan” kepada pengguna kendaraan. makanya, sejak mendengar pernyataan seperti ini saya pribadi lebih suka menyebrang di zebra cross (dan 90% menyebrang di zebra cross-10% kepepet ngasal kalo ga ada).

    kenapa?
    karena logikanya (bagi saya) kalau seperti itu kita sebagai pejalan kaki yang melintasi zebra cross dilindungi secara hukum karena lintasan tersebut adalah hak kita dan kewajiban bagi pengendara untuk mendahulukan pejalan kaki yang melintasinya.

    saya dapat undang – undang tentang itu.

    “Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan jelas menekankan prioritas bagi pejalan-kaki:
    Pasal 131
    (1) Pejalan Kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain.
    (2) Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang Jalan di tempat penyeberangan.
    (3) Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pejalan kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan keselamatan dirinya.

    Di kebanyakan negara yang saya ketahui, kebijakan lalu-lintas yang sama memang diberlakukan: pejalan kaki didahulukan. Prinsipnya adalah bahwa “yang lebih lemah” harus didahulukan daripada yang lebih kuat, terutama yang bermesin.”

    dari http://id.berita.yahoo.com/blogs/newsroom-blog/apa-menertibkan-pejalan-kaki-131855886.html

    jadi kita sebagai pejalan kaki harusnya menggunakan zebra cross sebagaimana mestinya, toh itu hak kita. udah di kasih masa masih mau nyebrang sembarangan. logikanya pun, kalau kita celaka di zebra cross, itu bukan salah kita, tapi salah pengendara.

    intinya, zebra cross itu hak pejalan kaki.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: