03
Nov
11

KUTEK, TEMPO DOELOE DAN KINI

Hati saya menjadi tergelitik tatkala pagi ini mengobrol dengan tetangga yang rumahnya tak jauh terletak dari tempat saya tinggal. Pada saat itu kami sedang berada di salah satu ruang publik (public space) yang cukup ramai dikala fajar tiba. Tak biasanya saya mengadakan pembicaraan seperti ini setelah tiga tahun tinggal disini. Beruntung kali ini mendapat kesempatan untuk berbincang dengannya.

Sebut saja ia Mas Ata. Usianya saat ini sudah mencapai 30 tahun. Pembicaraaan kami ialah mengenai keadaan seputar wilayah Kukusan Teknik (selanjutnya disebut Kutek- red). Mas Ata pun mulai bercerita.

Sejak kecil, daerah Kutek merupakan tempat bermain baginya. Pada saat itu, hamparan sawah begitu luas terbentang. Permainan apapun bebas dilakukan. Layang-layang merupakan salah satunya dengan keadaan lahan yang begitu luas.

Selepas SD, Mas Ata memilih untuk melanjutkan pendidikan di kota lain. Yogyakarta menjadi kota pilihannya. Masa-masa SMP, SMA, hingga kuliah terlewati sudah. Hingga akhirnya begitu ia kembali ke rumah, ia cukup merasa asing dengan lingkungan tempat tinggalnya dulu. Kutek telah berubah.

 Ya, seperti itulah keadaan yang terjadi. Disadari atau tidak ternyata Kutek telah berubah begitu cepat. Saat ini terbentang hampir di sepanjang jalan setapak Kutek terdapat kos-kosan berdiri kokoh memenuhi sisi jalan tersebut. Bangunannya bervariasi, mulai dari satu, dua, tiga, hingga enam lantai terdapat disana. Padahal, dulu, disaat ia belum beranjak ke Yogya,  suasana alam pedesaan begitu terasa disana.

Yang ingin penulis garis bawahi dalam tulisan ini ialah kedekatan mahasiswa dengan warganya. Mas Ata mengungkapkan bahwa beberapa tahun lalu saat kembali ke rumah pada masa-masa liburan sekolah masih terdapat mahasiswa-mahasiswa yang sering bersosialisasi dengan warga setempat. Entah apapun aktivitasnya, seperti mengajar anak-anak kecil dikala sore tiba, membantu berjualan ibu-ibu setempat, senantiasa menjadi bagian dari lingkungan warga Kutek tinggal.

Namun saat ini kondisi demikian sudah begitu jarang. Bahkan dapat dikatakan hampir tidak ada. Penulis mencoba ber-positif thinking bahwasannya beban perkuliahan saat ini mungkin semakin meningkat. Kegiatan yang diadakan mahasiswa pun begitu padat sampai-sampai harus mengurangi waktu istirahatnya. Sehingga, aktivitas sebagian besar mahasiswa lebih banyak di seputar kampus dan tempat tinggalnya. Saya hanya mengkhawatirkan keadaan demikian (berbaur dengan masyarakat- red) menjadi lenyap dari kehidupan mahasiswa tinggal saat ini, seolah ada sesuatu yang hilang…

Lantas, timbul pertanyaan, hal apakah yang menyebabkan hal demikian? Bagaimanakah hubungan antara perkembangan arsitektur dengan kegiatan sosial masyarakatnya. Terdengar desas-desus bahwasannya di Singapura walaupun negara itu berhasil secara fisik, namun kurang berhasil secara sosial. Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak. Untuk di Indonesia, khususnya di wilayah Kutek ini, saya belum berani berkomentar. Tugas kita lah selaku calon designer masa depan (mudah-mudahan :P) untuk bersama-sama memperhatikan keadaan demikian. Mudah-mudahan bermanfaat.


1 Response to “KUTEK, TEMPO DOELOE DAN KINI”


  1. December 15, 2011 at 12:50 pm

    Semakin padatnya Kutek oleh mahasiswa UI tentunya sangat dipengaruhi oleh jumlah mahasiswa UI yang meningkat pula. Sebenarnya dari hal ini, baik dari segi mahasiswa maupun masyarakat setempat bisa saling menguntungkan. Mahasiswa UI yang sebagian besar berasal dari luar Depok memerlukan tempat tinggal sementara ketika berkuliah di UI yang tentunya juga dekat dengan kampus UI. Dari kebutuhan mahasiswa UI ini, masyarakat sekitar pun bisa mengkomersialkan lahan mereka untuk dijadikan kos-kosan. Perbedaan pandangan pasti selalu ada karena kebutuhan dan kepentingan yang berbeda pula antara mahasiswa dan masyarakat sekitar namun simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak masih tetap ada.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: