07
Nov
11

Album Foto digital atau cetak?

Seiring dengan berkembangnya jaman,kamera pun tidak ditinggalkan oleh teknologi. Sewaktu kita kecil, semua foto yang ada diambil dengan menggunakan sebuah kamera, yang menggunakan film di dalamnya. Satu kali “jepret” maka 1 film pun telah terbuang, sehingga saat itu setiap gambar yang akan diambil sangat diperhitungkan, karena harga 1 roll film tidak lah murah, kemudian dari 1 roll film itu akan dibawa ke percetakkan foto untuk dipilih yang mana yang akan dicetak, setelah itu barulah foto akan dibawa pulang bersama dengan potongan filmnya, agar kita bisa mencetak foto itu lagi di lain waktu. Pada zaman sekarang semuanya serba digital, kamera pun beralih dengan menggunakan memory card, kita bisa bebas memfoto di setiap bagian, kemudian bisa langsung kita periksa, apakah hasilnya bagus atau tidak, jika tidak kita bisa langsung menghapusnya. Setelah jadi kita langsung menyimpannya di dalam komputer, jika kita ingin cetak, kita tinggal memilihnya, atau kalau tidak pun kita sudah bisa menikmatinya di komputer, tanpa harus mengeluarkan uang. Praktis dan hemat biaya.

Tentu saja digital memang membuat kehidupan kita semakin praktis, namun, yang ingin saya bandingkan di sini adalah hasil fotonya, apakah lebih baik kita cetak ataupun kita simpan saja di dalam komputer. Kebanyakan orang saat ini lebih jarang mau mencetak foto, mereka lebih memilih melihat di komputer, toh sudah bagus dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Saya sendiri juga cenderung jarang mencetak foto terutama foto saya bersama teman. Karena repot dan tentunya “sayang uang”. Namun, berbeda dengan ibu saya, ibu saya cenderung lebih menyukai mencetak foto kemudian dikumpulkan menjadi 1 album foto agar bisa dilihat bersama. Alasan utamanya memang karena ibu saya tidak terlalu mahir dalam menggunakan komputer tapi di sisi lain, ibu saya berargumen kalau dengan album foto itu, bisa dilihat lama, diperhatikan benar-benar dan lebih terasa seperti kenangan yang terekam dalam sebuah foto dibandingkan jika hanya dilihat dalam komputer. Saya sendiri juga jika mengesampingkan masalah kepraktisan dan ekonomi, juga jauh lebih menyukai album foto, karena dengan album foto saya bisa merasakan sebuah kehangatan dalam keluarga. Keluarga berkumpul membentuk lingkaran melihat kumpulan album foto keluarga secara bergiliran ataupun bersama-sama, adalah salah satu momen yang saya senangi. Walaupun foto di album dan komputer memiliki kualitas yang sama, bisa juga dilihat beramai-ramai, tapi secara emosi, melihat di komputer tidak sama dengan perasaan sewaktu membuka 1 persatu lembaran album kita.

Memang rasanya terlalu sentimentil, dan saya yakin setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Mungkin ada yang memiliki pandangan dan pengalaman yang berbeda dengan saya. Bagaimana dengan anda sendiri, lebih memilih yang mana? Digital atau hasil cetakan?


1 Response to “Album Foto digital atau cetak?”


  1. January 9, 2012 at 7:17 pm

    kalau saya sendiri.. jika dilihat dari segi kemudahan tentu saja lebih memilih yang album foto digital. pertama jika foto yang kita inginkan tidak sesuai harapan kita tinggal men-delete-nya dan mencoba berfoto lagi. Tentu saja jika menggunakan roll hal itu tidak bisa dilakukan.

    namun jika dilihat dari segi yang lain, entah mengapa saja juga lebih suka dnegan yang cetak. karena kita akan lebih menghargai suasana ataupun kegiatan yang akan kita abadikan, karena roll foto itu terbatas, dan pada saat mencetak juga kita tentu memilih yang terbaik.
    album foto cetak lebih memiliki nilai tersendiri, karena foto yang ada disana adalah foto foto yang telah diusahakan sebagai foto terbaik kita.

    bagi saya, ” foto adalah sebuah kegiatan dan suasana yang telah membeku dalam sebuah lembaran kertas, yang akan memberikan memori tersendiri ketika kita membukanya lagi ”
    🙂


Leave a Reply

