11
Nov
11

sayembara? juara1 atau 2?

Sayembara.. Merupakan suatu ajang menunjukkan kebolehan diri bagi orang-orang yang bergelut didunia arsitektur. Bisa dibilang merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika berhasil ‘menyabet’ posisi pertama dari sayembara tersebut. Meski terasa sangat sibuk untuk merampungkan bangunan tersebut namun lelah pun mungkin tak begitu terasa karena pikiran akan direalisasikannya bangunan yang telah didesain dengan susah payah tersebut. Meski mungkin akan terasa agak sedih jika bangunan yang telah dedesain dengan susah payah tersebut menjadi sebuah bangunan yang mungkin ‘agak’ berbeda dengan harapan si arsitek. Hal ini mungkin saja bisa kita lihat dari bangunan yang ada disekitar kita dan mungkin sering kita gunakan. Mendengar cerita bahwa “nanti bangunannya akan menjadi begini.begini.. dan begitu..” atau “dulu sebenarnya desain bangunan ini seharusnya seperti ini dan seperti ini..” hingga akhirnya kita coba bandingkan dengan kenyataan yang ada . Hal-hal tersebut terkadang membuat kita berpikir “daripada jadi juara 1 lebih baik menjadi juara 2 saja deh. Sudah tidak repot, tapi masih lumayan daripada bangunanya tidak sesuai harapan”. Apakah salah dengan pemikiran menjadi nomor satu atau memang hanya saat tertentu saja bangunan akan menjadi seperti itu?

Hal ini bisa dibilang masih merupakan sebiuah tanda tanya besar bagi saya. Mengingat pengalaman saya akan sayembara masih sangatlah kurang. Namun dari cerita-cerita yang saya dengar membuat saya menjadi berpikir negatif. Tapi disisi lain membuat saya merefleksikan diri akan betapa sombongnya pemikiran tersebut karena tidak ada yang tahu seberapa besar perjuangan untuk membuat desain-desain tersebut selain orang yang menjalaninya sendiri. Sebegitu mudahnya kah menjadi juara sehingga kita dapat memilih ingin menjadi peringkat berapa?

meskipun begitu hal ini juga masih tidak merubah kenyataan yang ada bahwa memang tidak semua bangunan yang didesain tersebut seindah harapan. Apakah ini yang disebut realita sayembara?


0 Responses to “sayembara? juara1 atau 2?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: