16
Dec
11

rayap serang buku : ugly

Ketika melihat kondisi sarang rayap menyerang buku seperti ini, saya langsung menganggap itu ugly karena berbagai alasan: kotor, bolong-bolong yang merusak buku (yang bisa berakibat lebih lanjut membuat si pemilik buku tidak mood membacanya), perasaan geli, jijik, dan lain-lain. Menurut saya, ia ugly karena ia seperti dirt.

Dirt is matter out of place-stain;must be cleaned.” (Mary Douglas)

Sesuatu disebut sebagai dirt dimungkinkan karena dua hal yaitu karena condition of object dan/atau relationship of object and its context. Kedua hal ini atau salah satunya dapat menjadikan sebuah objek dikatakan dirt.

1. Condition of object

Jika sarang rayap adalah sebuah object. Dan jika object ini berdiri sendiri, tanpa dilihat bagaimana ia berpengaruh terhadap lingkungannya, maka ia memiliki sistem sendiri yang mungkin bukan sesuatu yang ugly, tapi sesuatu yang ternyata-sangat-menakjubkan (akhirnya saya tau hal ini) Setelah membaca artikel “Arsitek-arsitek Mungil di Alam” yang ditulis oleh Harun Yahya, saya melihat bahwa kondisi sarang rayap itu sendiri bukan sesuatu yang ugly.

2. relationship of object and its context

Ketika rayap membangun sarangnya hingga menyerang buku, dan membuat buku-buku ini bolong dan kotor, menurut saya ini adalah masalah. Dan ketika melihat langsung hasilnya, saya katakan bahwa itu adalah sesuatu yang ugly. Karena hubungan sarang rayap ini dengan lingkungannya tidak baik- tidak tepat- tidak semestinya. Sarang rayap telah berhasil merusak buku untuk menjaga eksistensinya😦

Untuk perbandingan, dibawah ini ada gambar sarang rayap yang berada dalam konteksnya. Dan menurut saya ini tidak ugly, tapi wow!

*tinggi sarang rayap yang berkali lipat tinggi manusia

*saya membaca artikel “Arsitek-arsitek Mungil di Alam” yang ditulis oleh Harun Yahya disini


0 Responses to “rayap serang buku : ugly”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

