16
Dec
11

UGLY

Menurut Oxford dictionary, pengertian ugly adalah sebangai berikut:

-ugly / N / adjective (ug·lier, ugli·est)

1) unpleasant to look at
2) (of an event, a situation, etc.) unpleasant or dangerous; involving threats or violence

-ugli·ness noun [U]

Pengertian lain mengenai ugly (sumber: http://www.artikata.com/arti-192411-ugly.html) yaitu:
1. displeasing to the senses
2. Offensive to the sight; contrary to beauty; being of disagreeable or loathsome aspect; unsightly; repulsive; deformed.
Berbagai pengertian yang muncul dari kata ugly, namun menurut saya, semua pengertian itu kembali ke pemahaman masing-masing orang terhadap konsep ugly dalam kondisi tertentu tersebut. Sebagaimana menurut Mark Cousin, “the ugly object is an object which is experienced both being there and as something that should not be there”.
Suatu objek itu kita katakan ugly dan kemudian kita berargumen itu tidak seharusnya berada di sana (tempat dimana objek itu berada–in present time) hingga kita sampai pada kesimpulan bahwa itu adalah ugly, adalah bukan sesuatu hal permanen yang berlaku umum. Bisa saja yang kita anggap ugly bukan hal yang ugly menurut yang lainnya. Hal ini tergantung pada konsep yang dimunculkan dari experience, nilai, dan norma yang selama ini kita anut.
Sebagai contoh, gambar di bawah ini adalah sesuatu yang saya anggap ugly. Gambar ini adalah kondisi meja makan kost-kosan saya pada pukul–sekitar 7.00-8.00 WIB.

Yang saya anggap ugly adalah kondisi meja makan yang dipenuhi oleh benda-benda seperti sampah plastik, sampah roti, sampah pop-mie, piring dan gelas kotor bekas digunakan, pisau, plastik sisa gorengan, botol minuman bekas, dan lain sebagainya. Karena menurut saya benda-benda itu tidak lagi seharusnya berada di atas meja makan tersebut–bahkan mendominasi meja makan, sehingga makanan yang akan dimakan (seperti mie rebus di pojok kanan) dan orang yang akan memakannya terlihat sulit mendapat space yang `wajar`. Dengan kata lain, fungsi meja makan tidak lagi dapat dirasakan sebagaimana mestinya.

Kondisi meja makan ini begitu berantakan dan sebagian besar benda yang berada di atas meja tersebut adalah suatu hal yang sudah tidak lagi pantas berada di atas meja. Kenapa? Munkin benda-benda seperti piring dan gelas adalah suatu kewajaran jika berada di meja makan, namun mari kita lihat kondisi mereka pada waktu itu; semua piring dan gelas tersebut adalah bekas digunakan dan tidak akan digunakan lagi oleh yang lainnya sebelum benda-benda tersebut ‘disterilkan’ kembali. Hal inilah kenapa kondisi pada gambar saya katakan ugly, dengan kata lain, mungkin saja dari segi tempat objek tersebut pantas berada di tempat itu, namun dari segi waktu dan kondisi objek belum tentu menjadikannya tetap pantas untuk berada di tempat tersebut. Sehingga ia muncul sebagai sesuatu yang tidak nyaman untuk dilihat bagi kita yang melihat dan merasakan ruang tersebut–refers to ‘ugly : uncomfortable facts which refuse to be fitted in’.

Dan sekali lagi, ke-ugly-an ini belum tentu disetujui oleh orang lain. Ini hanya menurut pengalaman dan norma yang saya miliki, sementara menurut yang lain mungkin saja tidak. Buktinya, tetap saja ada ‘oknum-oknum’ tertentu yang dengan sadar dan rutin menciptakan ke-ugly-an ini di tempat tersebut. Berhubung ugly itu tidak berbahaya, maka tidak banyak pihak yang menyuarakan protes —dirt does not look nice, but it is not necessarily dangerous…


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: