02
Jan
12

Ugly Spoon

Sendok merupakan salah satu peralatan makan yang paling sering kita gunakan. Dari kegunaannya, sendok memiliki banyak kegunaan yang berkaitan dengan pemindahan sejumlah benda kecil dari tempat satu ke tempat lain, mengaduk dan sebagainya. Untuk jenisnya pun bermacam-macam tergantung kegunaannya, ada yang membulat, lebih oval, bercekung dalam dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak macam sendok yang kita kenal, semuanya memiliki permukaan yang licin karena seluruh makanan akan tuntas terambil dari sendok tersebut. Tapi apa yang akan terjadi bila permukaannya diubah menjadi tidak licin? Apakah masih bisa dikategorikan sebagai sendok?

Objek yang saya buat ialah sendok dengan permukaan yang tidak rata dengan menambahkan bulatan-bulatan pada cekungan sendok dan gagangnya dibuat sedikit berbulu. Dari beberapa orang yang ditanya, mereka tidak menganggap benda ini sendok karena adanya tonjolan-tonjolan tersebut.  Jika disebutkan ini sendok, maka timbul tanggapan, “ Koq sendok kaya gitu sih?” Selain itu, benda ini juga tidak lagi berfungsi seperti sedia kala karena  rata-rata dari mereka tidak mau memakainya untuk menyuap makanan dan objek sulit dibersihkan.

Menurut saya sendok ini berubah menjadi ugly object karena tidak dapat dimasukkan ke dalam kategori sendok sebagai peralatan makan yang sudah familiar bagi kita. Menurut memori yang kita miliki, sendok itu mulus. Namun, objek ini bisa saja tidak dikatakan ugly objek bila dilihat dari kategori lainnya, sebagai hiasan . Ugly atau tidaknya ugly suatu benda, tergantung dari sudut pandang kita terhadap objek yang diperhadapkan.


0 Responses to “Ugly Spoon”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: