03
Jan
12

ugly photo

berhubung saya praktisi fotografi, saya akan menampilkan sesuatu yang ugly berupa foto yang pernah saya buat ketika belajar dulu.

ini adalah foto seorang model yang duduk di kursi, saya foto dari arah bawah dengan sumber cahaya dari satu sisi saja.

sekilas foto ini mungkin terlihat bagus. toning warna yang baik, posisi objek langsung buat mata melihatnya ke arah sana, dan ada permainan cahaya. lalu apa yang membuat saya menyebutnya jelek alias ugly?

secara teknis, foto ini bisa dibilang kurang baik. saya menampilkan garis – garis rule of third, aturan yang digunakan para fotografer untuk menempatkan posisi objek agar terlihat indah (proposional, seimbang).

nah, dalam foto ini, aturan itu justru tidak terlaksana. lihat bagian kepala yang tepat berada di tengah. bagus sih fokus di tengah, cuma kalau kata fotografer professional, menempatkan fokus objek di tengah itu kaya amatiran yang asal jeprat jepret, ngga pake aturan seni rupa, golden section, dan lain – lain.

oke, lalu apa ada masalah kalau kepalanya berada di tengah?

sekarang lihat ke atas kepala, banyak warna hitam yang memenuhi sepertiga bidang dari foto bukan? jelas hal ini pemborosan dalam media karena bagian hitam ini tidak dapat dinikmati. apa indahnya melihat warna hitam “tok”?

persimpangan antar garis pada rule of third ini fungsinya menjadi titik fokus objek. dalam foto ini yang berada di persimpangan itu apa? leher? jakun? rambut? bagian hitam foto? jelas tidak ada yang bisa nikmati juga bukan? seharusnya sih mata atau tengah jarak antar mata (yang di atas hidung, apalah istilahnya).

nah, dari foto ini saya mempelajari bahwa ugly di sini adalah tidak sesuai aturan. sama seperti supir angkot yang tidak mengikuti aturan lalu lintas hingga akhirnya menyebabkan macet. atau murid sekolah pake seragam semrawutan tidak sesuai aturan sekolah. segala sesuatu yang tidak sesuai aturan itu buruk bukan?

ini contoh foto yang baik (menggunakan aturan rule of third)


0 Responses to “ugly photo”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: