08
Jan
12

Intolerable = Ugly(?)


Salah satu pendefinisian ugly dalam kuliah sebelumnya ialah sesuatu yang ‘intolerable’, yaitu sesuatu yang tidak pas atau tidak dapat diterima. ‘Intolerable’ bersifat relatif, yaitu sesuatu yang dirasa tidak pas oleh seseorang, mungkin saja tidak bermasalah di mata yang lain. Foto gelas di atas mungkin terlihat sebagau sebuah pemandangan yang biasa di atas meja makan atau di dapur. Namun foto tersebut menggambarkan sebuah situasi ‘intolerable’ bagi saya, dimana air yang berada pada gelas bertangkai (gelas sirup) tersebut merupakan teh panas.

Mengapa hal ini begitu ‘intolerable’ bagi saya? Mungkin bagi sebagian orang, meminum “teh panas” menggunakan gelas sirup ialah hal yang biasa, namun bagi saya hal tersebut sangat terasa tidak pas. Karena menurut saya, penyajian paling tepat untuk meminum teh panas ialah menggunakan cangkir teh (formal) atau mug/gelas berkuping (informal), sehingga penggunaan gelas sirup sangatlah salah di mata saya. Pandangan ‘intolerable’ ini muncul karena peraturan-peraturan yang sering diterapkan oleh nenek saya, yang memang merupakan golongan orangtua yang sangat strict terhadap hal-hal remeh seperti ‘table manner’. Hal-hal seperti menggunakan sendok dan piring kecil untuk memakan ‘dessert’, atau menghindari bunyi sendok/garpu berdentingan dengan gigi saat sedang makan, hingga hal-hal lain yang sebenarnya sangat subjektif. Didikan seperti ini telah menanamkan mindset bahwa hal-hal tersebut menjadi sangat intolerable dalam kehidupan keseharian saya.

Bahkan pernah ada kejadian lucu, saat paman saya sedang berkunjung ke rumah teman perempuannya, si teman perempuan tersebut menyuguhkan teh panas dalam gelas sirup untuk paman saya sebagai tamunya. Lantas dengan mindset hasil didikan yang sama, paman saya langsung merasa ‘il-feel’ terhadap teman perempuannya tersebut, yang mungkin sebenarnya agak keterlaluan sih😛


0 Responses to “Intolerable = Ugly(?)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

