08
Jan
12

pudding at 10

Dalam salah satu episode Lie To Me season 1, terjadi percakapan seperti ini :

Gillian Foster : what is it?

Cal Lightman : He wants us in on it right away since… What is that?

Gillian Foster : Chocolate pudding

Cal Lightman : Who eats pudding at 10:00 in the morning?

Gillian Foster : People who like pudding

Dalam adegan ini, Lightman baru saja menerima telepon dari seseorang yang memintanya untuk segera datang dan membantunya dalam suatu kasus. Foster datang dan bertanya pada Lightman tentang isi pembicaraannya sambil makan puding coklat.

Sampai di sini, semuanya terlihat biasa saja.

Tetapi, saat hendak menjawab pertanyaan Foster, perhatian Lightman teralihkan oleh puding yang sedang dimakan oleh Foster. Menurutnya, Foster melakukan hal yang aneh karena makan puding pada jam 10 pagi. Sementara Foster menganggap hal tersebut biasa saja karena ia menyukai puding.

Saat seseorang melakukan sesuatu, maka akan ada orang yang setuju, dan ada juga yang tidak. Pendapat setuju atau tidak setuju ini dapat ditentukan oleh berbagai hal; kebiasaan, pengalaman hidup, pandangan terhadap sesuatu, dan lain-lain. Saya sendiri menganggap makan puding bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, namun saya juga tertarik untuk mengira-ngira kenapa Lightman menganggap apa yang dilakukan Foster itu aneh.

Setelah googling dan menonton serial Lie To Me lebih jauh, saya mendapatkan beberapa asumsi :

  1. Puding yang dimakan oleh Foster dalam film adalah puding cokelat. Puding jenis ini, biasanya disajikan sebagai dessert. Bisa jadi Lightman melihat hal tersebut aneh karena ia hanya terbiasa makan puding setelah makan makanan utama, bukan jam 10 pagi di kantor saat sedang bekerja.
  2. Foster, adalah seorang kolega kerja Lightman. Lightman tidak makan puding coklat jam 10 pagi, ia mungkin melihat hal tersebut aneh dilakukan oleh seseorang yang bekerja di sekitarnya. Mungkin juga ia menganggap orang dalam pekerjaannya, dan dalam usianya, tidak makan puding coklat jam 10 pagi.
  3. Puding yang dimakan Foster adalah sebuah puding instant (mungkin Jell-O) . Lightman memiliki seorang anak perempuan berusia belasan tahun. Bisa jadi puding coklat tersebut biasa dilihatnya dimakan oleh anaknya, sehingga ia merasa aneh saat ia melihat Foster makan puding tersebut.
  4. Lightman tidak suka makan puding.

Saya kemudian mencoba menghubungkan adegan ini dengan istilah ‘habit’ atau kebiasaan.

Dalam dictionary.com, salah satu pengertian dari habit adalah : customary practice of use, yang dicontohkan dengan : daily bathing is an American habit. Orang Indonesia juga memiliki habit untu mandi setiap hari, sehingga kita tidak aneh dengan kebiasaan dan contoh yang diberikan oleh dictionary.com tersebut. Namun, orang Eropa ternyata memiliki kebiasaan yang berbeda. Mereka tidak menganggap mandi rutin adalah hal yang perlu dan bahkan sebenarnya kulit manusia tidak membutuhkan hal tersebut. Mungkin jika ada orang Eropa yang mengetahui kebiasaan mandi dua kali sehari mereka juga akan menganggap hal tersebut aneh.

menurut saya, pengertian dari habit ini dapat menjelaskan komentar Lightman pada Foster. Pandangan mengenai sesuatu yang tidak lazim dilihat, dan dianggap tidak pada tempatnya adalah hasil dari apa yang telah dialami oleh seseorang. Karena pengalaman seseorang berbeda, maka pandangan mereka terhadap sesuatu pun juga bisa jadi berbeda.


0 Responses to “pudding at 10”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: