08
Jan
12

Ugly: Puntung Rokok di Tempat yang Salah

Ketika saya sedang menunggu datangnya kereta di Stasiun Sawah Besar, saya menemukan hal ini:

Sampah Puntung Rokok

Saya menemukan bahwa peristiwa semacam ini dapat dikategorikan sebagai sesuatu yang “ugly”, dimana saya menganggap puntung rokok yang sudah menjadi sampah tersebut tidak sepantasnya berada di dalam pipa railing yang patah itu.

Fenomena ini dapat terjadi akibat beberapa faktor, diantaranya adalah adanya kesempatan yaitu pipa kosong yang mempunyai ruang untuk bisa diisi, lalu orang biasanya merokok di pinggir railing yang berbatasan dengan ruang terbuka agar asap tidak mengganggu orang lain. Hal ini membuat orang melihat kesempatan untuk membuang sampah puntung yang kecil ke lubang pipa yang kecil itu pula. Walaupun di sekitar tempat itu banyak terdapat tong sampah, puntung tetap ditumpuk disana.

Suatu hal yang ugly, dapat tercipta apabila ada objek diletakkan di tempat dimana objek tersebut tidak semestinya berada. Seperti puntung rokok tersebut, apabila kita melihatnya di dalam sebuah tong sampah, mungkin kondisi “ugly object” tersebut tidak tercipta. Tetapi jika ada di dalam pipa railing yang setiap kali dilihat dan dilewati orang, pemandangan tersebut amat mengganggu. Terkesan jorok, kotor, dan out of place.


0 Responses to “Ugly: Puntung Rokok di Tempat yang Salah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: