11
Jan
12

men’jelek’an komposisi

Ugly dapat diartikan sebagai sesuatu hal yang tidak nyaman dipandang mata. Penilaian akan ugly sangatlah subjektif karena hal tersebut tergantung akan mata siapa yang melihatnya. Dan siapa nya itu ialah orang yang berbeda-beda baik perbedaan akan kesukaan, jenis kelamin, latar belakang budaya, pengalaman, & banyak hal lainnya. Karena perbedaan itulah yang membuat definisi ugly tak pernah sama di semua orang. Biasanya sesuatu hal dikatakan ugly dikarenakan tampilan fisiknya (visual karakteristik).
Pada kali ini, saya akan mencoba untuk membuat suatu benda yang nantinya digunakan untuk memahami makna ugly lebih lanjut.

Foto Satu

Pertama-tama saya membuat bentuk lingkaran dari kertas. Kenapa kertas? Karena teknik yang digunakan ialah menggunting & menggunting lengkung lebih sulit daripada menggunting lurus. Agar menghasilkan lingkaran sempurna digunakan jangka. Setelah terbentuk garis lingkaran, lalu kertas tersebut saya gunting mengikuti garis. Jadilah lingkaran kertas.

Foto Dua

Sama seperti membuat Foto Satu, hanya saja ada satu kertas yang diganti dengan bentuk lingkaran kurang sempurna. Lingkaran tersebut dibuat tanpa bantuan jangka & diguntingnya pun cukup asal-asalan.

Memang bila dibandingkan Foto Satu & Dua, Foto Satulah yang lebih baik & lebih indah dipandang mata. Pada Foto Satu terlihat beberapa lingkaran kertas dengan bentuk & ukuran sama tersusun rapi. Sedangkan pada Foto Dua, ada satu bentuk yang mengganggu lingkaran lainnya. Si bentuk ini terlihat men’jelek’kan komposisi dari lingkaran kertas.

Kenapa bentuk tersebut dapat dikatakan ugly?
Bentuk tersebut tidak sesuai dengan bentuk lingkaran yang ada di sekitarnya. Ia menjadi suatu hal yang minoritas yang kalah dengan dominasi lingkaran. Bentuk tersebut dianggap ugly karena pengalaman atau kebiasaan manusia yang sering membanding-bandingkan. Dalam hal ini bentuk tersebut dibandingkan dengan lingkaran di sekitarnya, yang memang dalam jumlah bentuk tersebut kalah. Sehingga bentuk tersebut terlihat men’jelek’an lingkaran lainnya. Hal itu dikarenakan kebiasaan manusia akan mengumpulkan bentuk-bentuk yang sama dalam satu komposisi, bila ada satu yang berbeda, hal itu membuat komposisi menjadi terganggu atau jelek (law of similarity).
Ada hal lain yang saya pelajari ketika membuat ini yaitu ketika membuat sesuatu yang indah dibutuhkan tahapan & waktu pengerjaan yang lebih lama. Sementara untuk membuat bentuk satunya sangatlah cepat, hanya menggunting asal-asalan, yang penting mirip lingkaran.
Menurut saya, antara ugly & unik (menjadi sesuatu yang berbeda) itu hampir mirip. Pada Foto Dua, walaupun ada bentuk yang membuat komposisi menjadi jelek, ada sisi lain yaitu bentuk yang berbeda tersebut menjadi menonjol diantara bentuk lingkaran lainnya yang serupa. Seolah-olah si bentuk tersebut menjadi aksen pada komposisi tersebut. Menjadikannya suatu hal yang menarik & unik.



0 Responses to “men’jelek’an komposisi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: