11
Jan
12

my ugly object

Ugly menurut oxford dictionary adalah “unpleasant to look at” yang apabila diindonesiakan berarti tidak enak untuk dilihat. Dalam thesaurus, kata-kata yang bersinonim dengan ugly adalah unappealing, unpleasant, hideous, unlovely, unprepossessing, unsightly, horrible, frightful, awful, ghastly, vile, revolting, repellent, repulsive, repugnant;grotesque, disgusting, monstrous, reptilian, misshapen, deformed, disfigured, plug-ugly, butt-ugly; homely, plain, not much to look at. Apabila dilihat dari oxford dictionary dan thesaurus, sudah terlihat bahwa ugly adalah sesuatu yang dianggap tidak indah, buruk, jelek, dan tidak sesuai di mata manusia yang melihatnya.

Ugly di mata orang-orangpun berbeda-beda pula, tergantung dari siapa yang melihat dan pengalaman pribadinya. Mengapa saya mengatakan pengalaman pribadi adalah karena menurut saya pandangan dan pengertian seseorang akan ugly sangat berkaitan dengan pengalaman pribadi yang sudah dialami seumur hidupnya. Karena itu masing-masing orang akan mempunyai pandangan dan pengertian ugly yang berbeda-beda tergantung dari pengalaman pribadi yang dialaminya. Tapi satu hal yang biasanya dialami (dan dilakukan) oleh semua orang sampai hari ini adalah tentang kebersihan. Kebersihan yang saya maksud adalah tentang bagaimana ada sebuah keteraturan dalam posisi berbagai macam barang, sehingga tercipta sebuah keadaan bersih dan sempurna dimana masing-masing benda berada pada tempat yang “seharusnya”.

Kebersihan ini sudah ditanamkan dari sejak kecil di keluarga masing-masing (termasuk saya), sehingga saya sudah mempunyai kebiasaan dan pemikiran yang “bersih” dimana segala macam benda harus berada pada posisi yang “seharusnya” dan apabila ada sesuatu yang tidak sesuai/ tidak pada tempatnya, maka harus dibersihkan. Sampai sekarangpun hal ini sering saya temui dan saya juga lakukan di rumah.

Beberapa waktu yang lalu, saya terkena penyakit flu yang cukup berat, sehingga saya menggunakan cukup banyak tisu untuk membuang ingus dan membersihkan hidung saya. Waktu itu karena sedang ada tugas, sehingga saya mengerjakan tugas di lantai di depan laptop, walaupun sedang sakit, dengan sebuah kotak tisu di samping saya. Sambil saya mengerjakan tugas, saya juga mengambil tisu terus dari kotak tisu dan terus-menerus membuang ingus dan membersihkan hidung. Karena saya jauh dari tong sampah, saya langsung saja membuang tisu yang sudah saya pakai(yang berisi ingus) di lantai, di sebelah saya duduk, karena saya malas jalan, dan malas membuang waktu untuk membuang tisu-tisu tersebut ke tempat sampah, dan juga dikarenakan tugas saya belum selesai, sehingga saya mau mengerjakannya sampai selesai dahulu.

foto tisu
foto tisu

Seiring berjalannya waktu, tisu yang saya buang di sebelah saya duduk semakin menumpuk, dan orang-orang rumah yang lewat di dekat saya semua mengatakan yang sama yaitu “Dek , knapa gak dibuang aja sih, jorok ah…” dan “Buang lah dek, itu kotor ditaruh di situ”.  Akhirnya setelah saya menyelesaikan tugas saya, saya langsung membuang tisu-tisu tersebut ke tempat sampah, karena orang-orang rumah sudah merasa jorok dan jijik melihat tisu-tisu bekas ingus saya bersebaran di lantai

Ugly yang saya ingin coba tunjukkan adalah bagaimana sesuatu hal yang tidak sesuai dengan tempatnya, dan sudah selesai dipakai (sudah habis nilai pakainya) dilihat kebanyakan orang sebagai ugly, dalam hal ini bekas tisu yang penuh dengan ingus dan tersebar di lantai. Bagi orang-orang, tisu yang sudah dipakai umumnya akan dibuang karena sudah tidak mempunyai nilai pakai lagi (tidak bisa dipakai lagi). Jadi ketidaksesuaian tempat dan habisnya nilai pakai sesuatu benda bisa dianggap sebagai “ugly” oleh kebanyakan orang.


0 Responses to “my ugly object”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

