11
Jan
12

#nomention

keberadaan jejaring sosial saat ini tentu memberi kita banyak kemudahan. Twitter misalnya, dari media ini kita bisa banyak mendapat informasi, mulai dari info lalu lintas, jual beli, event-event terkini, atau paling tidak bagaimana keadaan teman-teman kita. Apakah mereka sedang senang, sedih, marah, dan sebagainya. Semua perasaan dan kegiatan mereka seperti ditumpahkan saja ke dalam 140 karakter itu.

Nah yang jadi masalah adalah: karena bisa berbicara dengan bebas di twitter, ketika sedang kesal kita kadang jadi lebih senang berkicau disana dibanding langsung bicara dengan orang yang membuat kita menjadi kesal itu. Padahal medianya hanya terbatas 140 karakter saja sehingga informasi yang tersampaikan pun jadi tidak utuh.

Pada gambar di bawah misalnya, ada beberapa contoh tweet yang memperlihatkan kalau mereka sedang kesal tapi hanya memberikan informasi yang terbatas, bahkan nama orang yang dituju pun tidak dicantumkan.

Image

Twitter pun hanya jadi ajang saling sindir antar teman dan justru bisa menimbulkan pikiran buruk terhadap orang lain. Misalnya si A marah dengan si B, kemudian dia menyindir si B lewat twitter dengan hashtag #nomention. Ternyata ada si C yang jadi merasa kalau si A marah dengan si C, akhirnya hubungan A dan C menjadi kurang nyaman padahal sebelumnya tidak ada masalah apa-apa.

Hal-hal ini yang seharusnya bisa dihindari kita sebagai pengguna jejaring sosial tersebut, gunakanlah fasilitasnya dengan bijak, kalau ada masalah dengan orang lain ya langsung diselesaikan saja tanpa perlu saling sindir di area publik karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Jangan jadi takut berbicara langsung dan cuma bisa berkomentar sinis di twitter seperti si…..#nomention. hehehe


1 Response to “#nomention”


  1. January 11, 2012 at 11:53 pm

    Saat ini, mungkin komunikasi yang efektif bagi para pengguna jejaring sosial itu adalah lewat jejaring sosial itu sendiri. Kita tidak bisa mengkategorikan ini sebagai efek buruk, mungkin saja komunikasi yang hanya lewat jejaring sosial itu sendiri sebenarnya lebih efektif saat digunakan sesuai dengan maksud dan tujuan yang baik( bila kita tidak bisa bertemu langsung dan tidak adanya telepon yang membuat kita tidak bisa berkomunikasi langsung).


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: