11
Jan
12

Studioku..rumah keduaku

Studio Aritektur Interior, sebuah ruangan yang terletak di lantai 2 gedung PAF FTUI, merupakan sebuah ruangan yang sudah menjadi rumah kedua bagi kami Mahasiwa Arsitektur Interior angkatan 2008 dan terkhususnya buat saya. Hal ini dikarenakan adanya matakuliah yang selalu menggunakan studio ini sejak semester 1, dimulai dengan mata kuliah senrupa hingga matakuliah PAI(perancangan Arsitektur Interior) 5 yang baru saja selesai.
Sebuah hala yang cukup menyedihkan saat mengetahui kami harus meninggalkan studio ini setelah beberapa hari yang lalu kami baru saja menyelesaikan PAI 5. Studio yang sudah menjadi rumah kedua bagi kami. Hal ini terjadi akibat hampir setiap hari kami berada disturio ini. Dalam seminggu, hari senin hingga jumat kami berada di studio ini.
Image and video hosting by TinyPic
Yang menarik dan ingin saya bahas adalah betapa hubungan antara psikologis dan ruang lingkungan itu mampu terbentuk dari keseharian. Dalam hal ini hubungan yang terbentuk antara mahasiswa-mahasiswa Arsitektur Interior dengan studionya. Hubungan yang sangat susah untuk dijelaskan, dimana sebuah karya arsitektur(studio) itu sudah dapat menjadi cerita dan sejarah tersendiri bagi pelaku yang berada didalamnya. Apakah bangunan atau ruang itu baru bercerita setelah banyaknya aktifitas yang terjadi didalamnya? Ataukah ruang yang sebenarnya itu tercipta dari hubungan berbagai aktifitas orang didalamnya? Dalam hal ini aktifitas dan cerita dari mahasiwa interior itu saling terkait dan membentuk ruang yang tak terlihat oleh kita?
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic


0 Responses to “Studioku..rumah keduaku”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: