11
Jan
12

ugly box

Image

Salah satu pengertian ugly adalah sesuatu yang tidak sesuai (tidak pas, tidak sempurna, tidak memenuhi). Ugly ini ada akibat perbandingan dengan apa yang kita lihat atau rasakan sebelumnya. Pada umumnya, ugly lebih sering digunakan untuk sesuatu yang bersifat visual. Sistem dari sesuatu juga dapat menggunakan ugly untuk mendeskripsikannya. Bagaimana cara kita menentukan ugly adalah dengan  perbandingan. Bila sebelumnya kita belum pernah, merasakannya, maka kita susah untuk menentukan apakah itu ugly atau tidak. Ugly bagi setiap orang berbeda-beda, subjektif. Hal ini berpengaruh dari pengalaman dan selera penilaian masing-masing.

Box, gabungan dari keenam persegi. Persegi tersebut datar, tidak mempunyai kontur. Ukuran sisi-sisinya sama. Sisi persegi tersambung dengan baik sampai menyatu, sehingga terlihat rapi. Terdapat ruang di tengah-tengah box, dimana volumenya bisa dihitung dengan mudah menggunakan rumus kubus.

Box pada gambar ini, sisinya tidak datar, keriput dan bergelombang. Box ini tebuat dari kertas. Kertas sendiri bukanlah bahan yang kuat. Kertas mudah dibentuk, walaupun hasil bentuk yang dihasilkan cenderung kaku. Bila tidak hati-hati, maka akan menghasilkan bentuk-bentuk yang lain. Antara satu bidang dengan bidang lainnya tidak tersambung dengan sempurna. Panjang sisinya tidak sama sehingga bila dipaksa untuk dilekatkan menjadi gelombang. Box ini terlihat tidak sempurna. Dari bentuknya ini, terlihat box ini tidak dapat digunakan untuk keperluan apapun. Bila ingin menyimpan sesuatu, dikhawatirkan box ini rusak atau robek, bukan karena bahannya dari kertas.Kalupun dipajang, box ini tidak asyik dipandang oleh mata. Tekturnya terlihat kasar dan bentuknya tidak beraturan.Box ini dapat  dikatakan ugly karena tidak sesuai dengan box pada umumnya. Tidak sempurna atau tidak rapi.


1 Response to “ugly box”


  1. 1 joejoesensei
    January 11, 2012 at 11:20 pm

    bahasan ugly anda sangat berbeda dengan jalan pikiran saya. Namun saya juga sependapat dengan anda bahwa sesuatu yang tidak pas, tidak sesuai atau tidak sempurna juga dapat disebut sesuatu yang ugly. Misalnya apabila anda melihat sebuah gelas yang memiliki lubang kecil di dalamnya. Tentu saja gelas ini akan dianggap gelas yang gagal dan jelek menurut pembuat dan pemakainya sehingga tidak dapat digunakan sesuai fungsiny yaitu untuk menampung air. Hal ini sesuai dengan bahasan anda diatas.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: