11
Jan
12

Ugly = dirt / minority?

Dalam tugas “Ugly Object” ini saya akan membahas benda yang sehari-hari yaitu gelas plastik. Ketika dilihat bersama gelas plastik lain, gelas ini terlihat kotor sehingga terlihat jelek. Namun jika dilihat sebagai gelas plastik itu sendiri tanpa dijejerkan bersama dengan gelas bersih lain gelas ini tidak lagi terlihat ugly. Dirt/kotoran yang ada pada gelas tersebut menjadi suatu motif tersendiri pada gelas. Dan bahkan jika dilihat dengan persepsi tertentu gelas ini terlihat lebih menarik.

Hal ini membuat saya berpikir apakah Ugly merupakan ketidaksempurnaan (imperfection) saja. Atau hal itu memiliki ketergantungan terhadap konteks juga. Suatu benda terlihat kotor ketika dilihat bersama benda yang lebih bersih. Namun tidak hanya itu, benda yang bersih itu harus lebih banyak jumlahnya dibandingkan benda yang kotor untuk membuat benda yang kotor itu terlihat kotor.

Coba bandingkan jika hanya ada 2 gelas. Yang bersih dan yang kotor. Tentunya tidak semua orang menganggap yang kotor adalah yang ugly. Bisa jadi yang kotor terlihat lebih menarik

Hal ini membuat saya berpikir lagi bahwa unsur minoritas juga berpengaruh pada faktor ugly. Karena dia tidak sama seperti yang lainnya, Karena dia sendirian/alone, maka dia terlihat ugly.

Dalam persepsi kita terhadap kecantikan juga demikian. Kita terlalu banyak diracuni media bahwa wajah yang cantik itu adalah wajah yang kaukasian. Dan negeri barat memang cukup mendominasi beradaban berikut ilmu pengetahuan. Maka persepsi kita terhadap kecantikan pun demikian. Secara tidak langsung orang barat membuat kita berpikir bahwa wajah yang selain kaukasian adalah ugly. Jadi, agaknya dominasi dan mayoritas/minoritas juga mempengaruhi persepsi kita terhadap ugly.

Lalu apa itu ugly menurut anda?


1 Response to “Ugly = dirt / minority?”


  1. January 15, 2012 at 11:11 pm

    Wah, keren… mengawali diskusi mengenai Timur dan Barat dari sebuah gelas… Boleh juga nih…


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: