11
Jan
12

Ugly Object: Ini Boneka Voodoo?

Apa pendapat kalian saat melihat benda ini?

Photobucket

Ini boneka voodoo ya, Rin?

Rata-rata orang selalu menyakan hal itu pada saya saat melihat benda ini. Bahkan saat boneka ini dijejerkan di depan kelas saat kuliah Everyday, seorang mahasiswa melihat boneka ini dan menyeletuk ‘Ada boneka voodoo’. Saya sebenarnya bingung kenapa banyak yang mengasumsikan boneka ini dengan boeka voodoo. Apa karena banyak jarum ditancapkan ke tubuhnya?

Jadi sebenarnya ini benda apa, Rin?

Boneka ini bukan boneka voodoo. Boneka ini adalah boneka bantalan jarum. Hal itu yang menyebabkan kenapa banyak jarum tertancap di tubuhnya. Boneka ini saya buat sewaktu saya masih SD sebagai latihan untuk membuat boneka sederhana untuk pelajaran kerajinan tangan. Saya harus mengakui kalau boneka ini gagal untuk lulus standar boneka yang ditentukan oleh guru saya, maka dari itu saya membuat boneka yang jauh lebih bagus dari boneka ini. Pada akhirnya, boneka gagal yang malang ini dijadikan bantalan jarum oleh ibu saya yang memang hobi menjahit.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, boneka ini tidak lulus standar yang ditentukan oleh guru saya. Jelek, jika harus dikatakan secara jujur. Kenapa jelek? Karena dia tidak ideal. Seperti kata Aristotle, beauty object itu mempunyai stuktur yang ideal ada totality, ada kesempurnaan. Bagaimana dengan boneka ini?

Photobucket
Isi kapas dalam badannya tidak penuh sehingga bentuknya tidak bulat penuh. Jahitan yang menghubungkan antara badan dan kepala tidak rapi. Jahitan matanya berantakan. Alih-alih terlihat lucu dengan penambahan mata berwarna kuning, yang terjadi boneka ini malah terlihat seram. Ada beberapa tambalan di tubuhnya yang membuatnya makin terlihat tidak lucu (ok, seingat saya itu ulah kakak saya, dia memotong kain badannya lalu menambalnya agar terlihat lebih ‘macho’ dengan bekas luka). Dan sekarang, adanya peniti, jarum, dan jarum pentul membuatnya terlihat seram. Mungkin ini yang membuat orang mengira ini boneka voodoo.

Meski tergolong ‘jelek’ dan tidak bagus, saya tidak membuang boneka ini. Boneka ini sangat berguna untuk ibu saya dalam menjahit. Meski pun jelek, boneka ini masih memiliki nilai guna. Jadi, jangan asal menilai sesuatu karena jelek, siapa tahu masih ada potensi tersimpan di dalamnya.


1 Response to “Ugly Object: Ini Boneka Voodoo?”


  1. 1 joejoesensei
    January 11, 2012 at 11:13 pm

    Berhubung saya, seperti yang sudah anda kenal saya cukup kenal dengan boneka vodoo, saya tidak menganggap itu boneka vodoo. Namun saya setuju dengan anda bahwa bantalan jarum ini memang terlihat lebih jelek dari bantalan jarum yang biasa saya lihat karena menurut saya bantalan jarum ini dibuat tanpa memikirkan estetika dan dibuat setengah-setengah. Namun saya setuju bahwa benda ini merupakan benda jelek yang masih memiliki nilai guna.


Leave a Reply

