12
Jan
12

Beauty and The Ugliness

Menjadi ugly menurut kamus Webster  adalah cenderung menolak atau tidak menarik secara aestetik. Seperti antonimnya beauty, ugliness memiliki penilaian subjektif.
Menurut Wikipedia, sebagai antonimnya, kata beauty sebagai pengaruhnya untuk masyarakat menciptakan standar perbandingan dengan ‘ideal beauty’ yang merupakan suatu wujud  yang terdiri dari banyak fitur yang membentuk beauty dan salah satu standar menuju kesempurnaan. Sehingga menjadikan apapun yang paling sedikit memiliki fitur ini menjadi ugly. Standar ini menjadi penting karena banyak orang atau hasil karya seni juga harus mendapatkan cap ‘beauty’ untuk dapat diterima kemudian menjadi terkenal, berpengaruh dan menjadi contoh bagi orang dan penciptaan karya seni selanjutnya dan membentuk persepsi beauty untuk masa mendatang. Sehingga apa yang kita nilai beauty itu sebagian besar  juga hasil provokasi media.
Saat sebelum masa click –> post –> famous ada, persepsi tentang beauty (yang diprovokasikan media yang saat itu masih di control oleh sebagian kecil dari masyarakat itu sendiri) lebih sempit sehingga apapun yang tidak sesuai standar beauty tersebut dengan gampang tidak diterima dan dapat diklasifikasikan ‘ugly’ dan menjadi terabaikan.
Namun sekarang saat kontrol media ada di tangan setiap orang yang dapat mengakses media iu sendiri, persepsi masyarakat tentang beauty melebar seiring dengan banyaknya contributor dalam standarisasi beauty itu. Sesuatu yang dahulu mutlak ugly, sekarang dapat dipertimbangkan kembali dengan persepsi orang lain yang mengatakan bahwa sesuatu tersebut memilik beauty dari sisi lain. Dengan persepsi beauty yang makin meluas tersebut, masih adakah yang hal yang tidak dapat dikategorikan beauty dan masuk kategori ugly?


0 Responses to “Beauty and The Ugliness”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: