12
Jan
12

‘maketing’ or ‘wasting’?

Yaaa..seperti yang sudah sangat kita hafal, selalu ada ketentuan untuk membuat maket didalam setiap proses perancangan, maket struktur lah, arsitektural lah. Sebenarnya untuk eksplorasi ide, keberadaan si maket cukup membantu untuk akhirnya menemukan bentuk dari disain yang diinginkan.entah itu bentuk keseluruhan rancangan maupun hanya bagiannya saja.
Setelah berkembangnya teknologi untuk membuat visualisasi tiga dimensi. Saya merasa keberadaan maket sedikit tidak diperlukan. Bukan sama sekali tidak diperlukan, namun hal tersebut membuat saya agak malas membuat maket. Karena yaaah..hasil gambaran 3 dimensi yang d buat software sejenis sketchup, archiCAD, max dan lainnya ditambah dengan efek photoshop sudah menjadikan bangunan tersebut terlihat nyata.
Kalau boleh jujur, maket yang saya buat beberapa semester terakhir, berakhir di tempat sampah. Yaa setelah melewati beberapa waktu di kamar saya hingga akhirnya memutuskan maket tersebut sebagai sampah dan kemudian membuangnya. Mm..sebenarnya, berdasarkan issue ‘go green’, si maket yang berasal dari bahan-bahan berupa kertas, kapa board plastik dan lainnya yang akhirnya di’buang’ merupakan sebuah ‘wasting’. Dan biasanya, maket yang dihasilkan tidak hanya satu..yaa..setumpuk lah, lumayan.
Jadi, pertanyaannya adalah..kenapa harus bikin maket kalau toh hanya akhirnya akan dibuaaang? Jadi sampah? Well, pertanyaan ini akhirnya saya jawab sendiri, dengan kesimpulan, either harus bikin maket dengan sangat-sangat bagus sehingga menimbulkan perasaan sayang untuk dibuang, atau tidak bikin sama sekali dengan alasan akan menjadi sampah (wasting-red)


0 Responses to “‘maketing’ or ‘wasting’?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: