12
Jan
12

Perawatan Trotoar Jalan?

Bulan lalu saya agak risih karena adanya pembongkaran trotoar jalan di sekitar Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Jalan tersebut merupakan akses yang biasa saya gunakan untuk berangkat ke kampus sebelum menuju Stasiun Kereta Api Juanda. Pembongkaran tersebut terpaksa menggeser rute saya di mana pedestrian yang seharusnya berjalan di trotoar menjadi berjalan di tepi jalan raya. Berjalan di tepi jalan raya menambah permasalahan baru bagi pejalan kaki karena harus berebut jalur dengan kendaraan bermotor, apalagi di waktu berangkat dan pulang kantor, pejalan kaki menjadi rawan terserempet sepeda motor yang biasanya main salip dari di tepi jalan.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah mengapa trotoar tersebut dibongkar dan diperbaharui. Di sisi lain saya sebagai pengguna setia trotoar tersebut😀 tidak merasa ada kekurangan dengan kondisi yang selama ini ada, malah yang dirasakan adalah para pejalan kaki menjadi kurang nyaman dengan adanya pembongkaran ini.

Saya merasa bahwa hal ini menjadi sebuah pemborosan dengan memanfaatkan anggaran pemerintah daerah, juga menimbulkan perasaan buruk sangka bahwa ada peluang korupsi dalam proyek tersebut, semoga saja tidak. Saya mencoba mencari informasi lebih lanjut dengan menanyakan hal ini kepada saudara saya yang bekerja di pemerintah daerah. Beliau berkata bahwa pengadaan proyek tersebut kemungkinan besar dalam rangka penghabisan anggaran tahunan di mana biaya memang sudah dianggarkan tetapi tidak sesuai prediksi. Namun saya masih merasa bahwa proyek semacam itu masih merupakan suatu pemborosan, lebih baik pemerintah setempat mengalokasikan dana tersebut untuk pembangunan di daerah yang lebih membutuhkan daripada sekadar membongkar trotoar yang selama ini baik-baik saja kemudian menggantikannya dengan trotoar yang serupa.


0 Responses to “Perawatan Trotoar Jalan?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

