12
Jan
12

ugly?

Sebagaimana yang kita tahu, pada umumnya  tanaman yang sengaja ditanam  di pinggir jalan memiliki fungsi selain menjadi penghijauan dalam menyerap udara kotor kota yang keluar dari asap kendaraan bermotor  juga berfungsi menjadi penghias jalan. Keberadaan taman di pinggir jalan bisa membuat jalan menjadi lebih indah apalagi jika ditata dengan baik dan cantik tentu orang yang  berjalan di sekitarnyapun akan merasa nyaman.

Lalu bagaimana jika ada suatu yang tidak biasa terlihat di tempat yang seharusnya dapat menjadi taman-taman yang cantik dipinggiran jalan raya?  Dapatkah kita membayangkan jika ada benda-benda sanitair, yang seharusnya berada di kamar mandi berada di pinggir jalan raya?

Suatu hari, ketika saya sedang survey PA, saya menemukan “suatu hal yang tidak biasa” tersebut di sebuah pinggiran jalan raya di kawasan Palmerah.  Di sana saya melihat tanaman-tanaman  berada tidak pada sebuah pot dimana biasanya tanaman ditempatkan, melainkan berada di dalam wastafel, bak mandi, bahkan toilet-toilet yang sudah tidak terpakai lagi.

Benda-benda tersebut merupakan benda yang biasa kita lihat di dalam kamar mandi, dan menjadi tidak pada tempatnya jika benda tersebut menjadi sebuah wadah tanaman yang menghiasi pinggir jalan. Inipun menjadi ugly jika dikaitkan dengan salah satu pengertiannya yang mengarah pada sesuatu yang tidak pada tempatnya, “the ugly object is an object which is in the wrong place and something that should not be there “. Lalu apakah sesuatu yang tidak pada tempatnya itu akan selalu dikatakan ugly? Bagi saya sendiri, ‘sesuatu yang tidak pada tempatnya’ atau ‘sesuatu yang tidak biasa’ tersebut bisa menjadi sesuatu yang unik, karena dalam proses terbentuknya bisa jadi ada suatu pemikiran-pemikiran kreatif yang ‘gk biasa’ yang membuat hal tersebut berbeda dari yang lain dan memiliki ciri khas tersendiri. Dalam kasus benda-benda sanitair ini, yang membuat saya mengatakan hal tersebut unik adalah karena orang yang menjadikan benda tersebut akhirnya berfungsi sebagai pot tanaman di pinggir jalan raya berani berpikir out of the box, tidak biasa. Mungkin bagi sebagian orang berpendapat hal itu akan merusak pemandangan. Tetapi dia bisa merubah sampah menjadi sesuatu yang berguna bagi mahluk hidup lainnya.


1 Response to “ugly?”


  1. January 13, 2012 at 11:31 am

    pada 3 paragraf pertama yang anda tulis saya pikir anda ingin memutuskan bahwa ini adalah sesuatu yang ugly. tapi ternyata saya salah, karena akhirna anda memutuskan ini adalah sesuatu yang unik. hahaha.saya setuju, ini sangat unik dan menarik. tapi saya juga ingin mengomentari suasana yang ada di objek ini, sangat disayangkan (ini hanya pendapat saya) objek ini sudah out of the box tapi seperti-tidak-untuk-dinikmati-keout of the box-annya oleh orang-orang, sekelilingnya kotor dan berantakan, dan sepertinya tidak berada dekat jalur sirkulasi orang *saya tidak tau tepatnya anda memfoto ini dimana, jalur umum, atau halaman rumah seseorang, atau..


Leave a Reply

